Identitas Model “Entry-Level” Ferrari Akhirnya Terungkap!

Ferrari Hadirkan Portofino untuk Segmen Entry-Level – Langkah merek mobil sport asal Italia, Ferrari yang menghadirkan Portofino untuk segmen entry-level memang terbilang cukup mengejutkan. Produk ini kabarnya akan diperkenalkan terlebih dahulu sebelum gelaran Frankfurt Motor Show yang diselenggarakan pada September 2017 nanti dan model ini pun disebut-sebut bakal menjadi pengganti untuk California T.

Ferrari Hadirkan Portofino Untuk Segmen Entry Level

Portofino nantinya akan mengusung mesin twin-turbo V8 berkapasitas 3.9-liter yang mampu menghasilkan tenaga 590 tk dan torsi sebesar 560 lb-ft @3.000 – 5.200 rpm. Tenaga ini membuat mobil mampu melaju hingga 100 kpj (62 mph) hanya dalam kecepatan 3,5 detik dan kecepatan tertingginya mampu menyentuh angka 320 kpj.

Pihak Ferrari menyebutkan jika mesin V8 yang digunakannya saat ini telah dibekali dengan piston dan connecting rod (con-rod atau batang piston) anyar dan fitur intake baru yang sudah didesain kembali. Ferrari juga menambahkan cast exhaust header yang memang didesain secara khusus agar mampu menghilangkan turbo lag serta menghasilkan respons throttle yang lebih mumpuni.

Gubahan ini juga dipadukan dengan sistem pembuangan baru dan Variable Boost Management (VBM) agar lebih sesuai dengan torsi yang ada di antara roda gigi. Penggunaan fitur ini dipastikan bisa membuat mesin Portofino lebih tangguh dibandingkan dengan T California. Kelebihan mesin tersebut sejauh ini masih berkaitan dengan hematnya penggunaan bahan bakar.

Sisi mekanikal pun tak lepas dari modifikasi, seperti penggunaan generasi ketiga dari electronic rear differential serta power steering. Lalu, sistem redaman magnetorheological juga telah di-upgrade sehingga makin efektif. Perubahan lain yang bisa dilihat adalah pemakaian sasis aluminium baru.

Dilihat dari gayanya pun, Portofino memang lebih baik dari California T. Desain tersebut ternyata terisnpirasi dari 812 Superfast dan GTC4Lusso sehingga tampilan Portofino kini terlihat lebih cantik dengan bagian muka yang tampak edgy dan agresif. Model entry-level ini juga memiliki hardtop lipat sebagai fitur standar seperti California T maupun California generasi sebelumnya. Untuk spesifikasinya yang lebih lengkap, Ferrari dipastikan baru akan mengungkapkanya pada ajang Frankfurt Motor Show di bulan September 2017 mendatang.

 

 

Top