Suzuki Ignis Makin Kuat di Segmen City Car

Ignis Masih Duduki Tahta City Car – Baru lahir pada pertengahan April 2017 lalu, Suzuki Ignis ternyata cukup sukses dalam mempertahankan posisinya sebagai penguasa di segmen mobil perkotaan alias city car. Ignis berhasil mengokohkan dirinya di tahta city car hanya dalam waktu tiga bulan saja, lebih tepatnya pada bulan Juni 2017.

Ignis Masih Duduki Tahta City Car

Data yang didapatkan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada bulan Juli 2017 menunjukkan jumlah wholesales untuk Ignis yang sudah mampu menyentuh angka 1.578 unit. Capaian wholesales yang didapatkan oleh city car baru Suzuki ini mengalami peningkatan sebesar 25,04 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yaitu Juni.

Sementara itu, ketika jumlahnya digabungkan untuk sepanjang 2017, dari bulan Maret hingga Juli, Ignis sanggup mencatatkan jumlah hingga 7.102 unit atau kepemilikannya untuk pasar mobil kota mencapai 38,59 persen. Dari bulan Maret 2017, di mana dilakukan pengiriman awal sebelum mobil tersebut diluncurkan, jumlahnya masih tercatat 91 unit. Namun, jumlahnya kemudian mengalami peningkatan hingga 2.476 unit pada bulan April. Sedangkan, bulan Mei sebanyak 1.695 unit, Juni 1.262 unit, dan Juli dengan 1.578 unit.

Jumlah wholesales Suzuki Ignis yang cukup stabil ini tentu membuat perkembangannya menarik untuk terus diikuti. Banyak yang pada akhirnya mempertanyakan apakah Suzuki Indomobil Sales (SIS) mampu untuk mempertahankan Ignis agar tetap berada di posisi teratas hingga penghujung tahun ini yang masih ada empat bulan di depan.

Cerita lain yang cukup menarik berasal dari Honda Brio yang harus puas berada di posisi kedua karena telah disalip oleh Ignis. Jumlah wholesales yang didapatkan Brio sendiri pada bulan Juli 2017 sebanyak 1.019 unit. Dengan berada di bawah Ignis, Brio berhasil menunjukkan eksistensinya kembali setelah sebelumnya terpuruk di posisi keenam dengan pencapaian wholesales yang hanya sebesar 668 unit.

Pada periode Januari hingga Juli, jumlah Brio yang berhasil disalurkan ke diler mencapai 6.314 unit atau besarnya sekitar 34,31 persen dari total pasar. Lalu, dengan melihat lagi hasil pada Januari hingga juli 2017, ada Nissan March di tempat ketiga dengan wholesales 1.627 unit meski pada bulan Juli pasokannya hanya sebesar 64 unit saja.

Top