Honda Siap Luncurkan Motor Trail 150 cc, Benarkah?

Honda Segera Meluncurkan Trail 150 cc – Tak hanya mobil saja, pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu pun segmen sepeda motor juga turut mendapat perhatian yang cukup besar. Bahkan, salah satu produsen yang mendominasi psar Indonesia di segmen kendaraan roda dua, PT Astra Honda Motor (AHM) pun terlihat telah memamerkan sosok trail kecil, ditengarai memiliki mesin 150 cc yang dipajang berdampingan dengan CRF 450 Dakar Rally. Tanda-tanda peluncuran motor tersebut sudah pasti namun tampaknya harus sedikit lebih bersabar.

Honda Segera Meluncurkan Trail 150 Cc

Pasalnya, sampai saat ini belum ada kepastian kapan, di mana, peluncuran motor trail yang memiliki kapasitas 150 cc tersebut. Akan tetapi, Direktur Pemasaran AHM yang saat ini dijabat oleh Thomas Wijaya mengaku sedang melakukan studi intensif dengan sepeda motor trail 150 cc itu. Menurutnya, kebutuhan segmen adventure memang sedang naik.

”Kami lihat beberapa tahun terakhir berkembang. Kalau dulu lebih ke racing, full fairing, (motor) sport sekarang diferensiasinya melebar. Pada dua atau tiga tahun terakhir pergerakannya ke sana (adventure),” ujar Thomas, di sela rangkaian Honda Bikers Day, Bukittinggi, (26/8/2017).

Jika kita perhatikan secara lebih seksama, tampaknya pihak AHM memang terlihat secara pelan-pelan mengenalkan motor-motor unggulan di segmen adventure satu per satu. Mulai Africa Twin, sampai CRF 250 Rally. Khusus yang terakhir, Thomas pun juga mengatakan bahwa penjualannya stabil di kisaran 70-80 unit sebulan dalam lima bulan terakhir.

Tak sampai di situ saja, bahkan studi yang telah dilakukan oleh pihak AHM pun terkait motor ini cukup kompleks. Tak hanya apakah CRF 150 bakal keluar atau tidak. Bahkan bisa dikatakan lebih dari itu, model, timing, sampai tempat produksi yang paling cocok (produksi sendiri atau impor) pun sampai saat ini juga sedang dipertimbangkan secara matang-matang.

Terkait dengan pemasaran, Thomas mengungkapkan bahwa sampai sat ini, pasar yang paling menggiurkan masih di kawasan Pulau Jawa. Walaupun daerahnya relatif tak membutuhkan sepeda motor adventure seperti pulau-pulau lainnya, namun Thomas menegaskan bahwa pasar motor trail tak cuma buat daerah dengan berkontur off-road namun juga juga sebagai pasar hobi.

Top