Truk Mercy Lokal Ditarget Terjual 450 Unit

Perakitan Truk Mercy Lokal – Mercedes-Benz Axor 2528C yang kini telah diproduksi secara lokal diklaim sebagai truk heavy duty yang sangat cocok untuk medan jalan di Indonesia. Salah satu Truk andalan Mercy ini di targetkan terjual sebanyak 450 unit hingga akhir tahun. Namun demikian, Mercy masih membuka kemungkinan jika target tersebut nantinya akan berubah dengan menyesuaikan permintaan pasar. ¬†“Target kita sebenarnya sangat fleksibel, karena kan ini masih tahap awal. Dari pertengahan tahun hingga akhir nanti kita targetkan 450 unit. Namun hal ini masih memungkinkan berubah sesuai dengan permintaan di pasar,” ujar CEO Daimler Commercial Vehicles Indonesia Markus Villinger yang Mas Sena lansir dari Detikoto.

Perakitan Truk Mercy Lokal

Selain itu, dengan diproduksinya truk tersebut di Indonesia, pihaknya juga berusaha untuk membuat truk yang berkualitas dan kuat di segala medan di Indonesia. Bahkan tak hanya itu saja, dirinya juga tidak menutup kemungkinan jika nantinya dengan perkembangan pasar truk ini mampu untuk di ekspor ke berbagai negara khususnya kawasan regional. “Untuk ekspor, saat ini kita belum memiliki rencana. Karena pertama-tama kita ingin berfokus pada pasar Indonesia terlebih dahulu. Sesuai dengan perkembangan, akan kita lakukan ekspor,” tutup Markus.

Rencananya, truk Mercy ini nantinya akan mengalami lokalisasi sebesar 30 % yang meliputi beberapa sektor diantaranya pencetakan pada sasis, pemasangan gearbox kemudi, pemasangan katup termasuk katup ABS, instalasi radiator, mesin, knalpot, roda dan grill. Meskipun sebagian dari perakitannya dilakukan di Indonesia, namun standarnya akan tetap mengikuti standar internasional Daimler AG.

Dengan diproduksinya mobil ini di Indonesia, Mercy pun membuka lebar-lebar pintu kerjasama terhadap partner-partner lokal. Untuk tahap awal di tahun perdanannya ini, Markus menargetkan untuk dapat merangkul 1000 partner lokal untuk berkontribusi dalam produksi truk tersebut di Indonesia. “Partner yang akan kita rangkul ialah yang sesuai dengan standar Daimler AG pusat kami di Jerman,” ungkap Markus.

Untuk tahapan pertamanya, Mercy akan merakit AXOR 2528C yang mengusung mesin 6 silinder dan basis roda 4,2 meter dengan kapasitas yang mampu dibawanya hingga 20 ton. Sedangkan untuk model lain yang juga akan dirakit tahun ini adalah AXOR 2528R yang didesain khusus untuk kebutuhan logistik.

Top