Honda Bakal Benamkan Mesin Turbo pada Tiap Mobilnya

Honda Sedang Tertarik dengan Mesin Turbo – Inovasi baru yang diterapkan oleh beberapa produsen otomotif di Indonesia tampaknya mulai menggeliat. Seperti dengan PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek (APM) Honda di Tanah Air di mana pabrikan asal Jepang tersebut saat ini tengah asyik bermain dengan mesin turbo. Hal itu bisa dilihat dari beberapa mobil barunya yang kini disematkan mesin turbo. Sebut saja, setelah Honda Civic turbo, teknologi mesin VTEC Turbo dari pabrikan asal Jepang ini juga tersemat di Honda CR-V, Civic hatchback, dan Civic Type R.

Honda Sedang Tertarik Dengan Mesin Turbo

Di sisi lain, menurut penjelasan dari Jonfis Frandy selaku Marketing & After Sales Service Director PT HPM, dikatakan bahwa Honda selalu berusaha untuk menciptakan inovasi untuk mobilitas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini dan di masa depan.

“Kami percaya mesin VTEC Turbo merupakan jawaban dari kebutuhan konsumen akan mesin yang bertenaga namun hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Saat ini teknologi turbo telah menjadi tren di berbagai belahan dunia, dan kami bangga karena juga bisa menghadirkannya untuk konsumen di Indonesia,” jelas Jonfis dalam rilisnya pada Kamis (31/8/2017).

Di samping itu, perlu diketahui juga bahwa mesin VTEC sendiri merupakan inovasi terbaru dari penyempurnaan yang memadukan antara serangkaian mesin yang diciptakan pabrikan berlambang huruf ‘H’ ini. Inovasi tersebut tentunya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan performa yang bertenaga namun tetap hemat bahan bakar serta tentunya ramah lingkungan. Ini yang menjadi salah satu ketertarikan Honda untuk selalu menggunakan mesin turbo.

Sedikit berbeda dengan mesin konvensional maupun sistem turbo lainnya. Pasalnya, teknologi mesin VTEC Turbo ini memang dirancang dengan mekanisme yang terinspirasi dari sistem daur ulang, yaitu denbgan memanfaatkan gas buang untuk memadatkan udara masuk ke dalam silinder. Dengan demikian akan meningkatkan efisiensi pembakaran untuk menghasilkan tenaga maksimal, dan hemat bahan bakar.

Tak hanya itu saja, selain berpengaruh terhadap performa, tentunya dengan ukuran mesin yang lebih ringkas maka dipastikan juga bakal berpengaruh pada bobot keseluruhan mobil. Jika bobot mesin terpotong, maka konsumsi bahan bakar juga lebih irit.

Top