Kenapa BMW R nineT Juga Ikut Di-Recall?

BMW Motorrad Indonesia Juga Tarik R nineT – Sebelumnya memang sudah tersiar kabar jika BMW Motorrad sedang melakukan kampanye penarikan R nineT di Amerika Serikat, namun siapa sangka jika dampaknya juga sampai ke Indonesia. Seperti yang diketahui, Maxindomoto yang memiliki peran sebagai distributor utama dari BMW Motorrad telah menjual R nineT di Indonesia dalam beberapa versi.

Bmw Motorrad Indonesia Juga Tarik R Ninet

Kendati demikian, ketika disinggung soal masalah recall ini, Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia Joe Frans mengatakan jika masalah tersebut hanya untuk dilakukan pemeriksaan bukan seperti recall pada umumnya yang meliputi penggantian komponen karena cacat pada bagian tertentu.

Joe juga menjelaskan jika setelah mendapatkan info lengkap dari BMW Motorrad pusat, recall tersebut diketahui hanya untuk melakukan sebuah prosedur agar bisa mengencangkan baut pada torsi tertentu. Pihak BMW Motorrad juga merekomendasikan agar setiap unit yang datang ke diler bisa melakukan pemeriksaan namun tetap tidak ada penggantian untuk suku cadangnya.

Meski telah menjelaskan alasan dibalik recall terhadap R nineT ini, namun sayangnya Joe tidak memberikan penjelasan lebih jauh terkait dengan jumlah unit yang harus menjalankan prosedur pemeriksaan. Hal ini juga termasuk dengan jumlah R nineT yang ada di Indonesia sendiri saat ini.

Sebelumnya memang sudah beredar kabar tentang National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang mengeluarkan pengumuman recall terhadap BMW R nineT sebanyak 3.368 unit untuk model yang dikeluarkan tahun 2014 hingga 2017. Keputusan penarikan terhadap R nineT ini disebabkan karena ditemukannya masalah pada bagian pivot di swingarm.

Masalah tersebut memungkinkan baut untuk bisa terlepas dengan sendirinya sehingga hal ini akan menimbulkan akibat yang cukup membahayakan bagi siapa saja yang mengendarai motor ini. Saat ditemukan masalah tersebut, pihak BMW Amerika Serikat pun langsung memberikan respons cepat dengan memberikan informasi kepada para pemilik R nineT agar melakukan perbaikan pada motornya. Perbaikan untuk masalah baut yang terjadi di motor BMW R nineT ini sendiri menurut rencana akan dimulai pada tanggal 9 Oktober mendatang.

Top