Toyota Masih Yakin Avanza Jadi yang Terlaris

Optimisme Toyota Terhadap Avanza – Melihat data wholesales Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) pada periode Januari hingga Juli 2017, Avanza ternyata masih menjadi yang paling terlaris untuk segmen LMPV. Termasuk ketika hasil penjualan dari Avanza dibandingkan dengan semua model yang dipasarkan di Indonesia.

Optimisme Toyota Terhadap Avanza

Jumlah keseluruhannya sendiri untuk tujuh bulan tahun 2017 ini, Avanza justru mengalami penurunan sebesar 2,22 persen atau bisa dikatakan hanya terjual sebanyak 71. 715 unit saja. Ketika dirata-rata, pengiriman mobil ini untuk setiap bulannya ke diler sekitar 10.000-an unit.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto menuturkan jika dirinya tetap yakin kalau Avanza akan terus diterima oleh masyarakat dengan baik meskipun pasar saat ini tengah kedatangan MPV baru Mitsubishi, Xpander.

Rasa optimis Soerjo ini bukannya tanpa alasan. Pasalnya, Toyota Avanza telah menjadi teman perjalanan dari 1,6 juta masyarakat Indonesia selama hampir 14 tahun. Selain itu, Avanza tak hanya diminati oleh konsumen domestik tetapi juga diterima dengan baik oleh pasar global.

Selain membeberkan sejumlah keunggulan yang ditawarkan oleh LMPV baru andalannya tersebut, Soerjo meyakinkan jika produknya itu memang cocok untuk masyarakat Indonesia.

Toyota Avanza sedari awal memang dibuat agar sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia. Misalnya saja, dengan digunakannya penggerak roda belakang yang lebih handal untuk melibas berbagai kondisi jalan dan ground clearance yang ideal sehingga tetap nyaman ketika digunakan untuk berkendara di jalanan yang berbatu.

Avanza juga menggunakan sasis unibody yang dikolaborasikan dengan GOA body, sehingga struktur tubuhnya memberikan perlindungan yang lebih kepada penumpang. Mobil ini juga memiliki radius putar yang kecil sehingga membuat manuvernya di jalan yang sempit lebih mudah. Selain itu, fitur keselamatannya pun sudah cukup lengkap.

Kendati demikian, masih ada kemungkinan munculnya model yang lebih baik dari Avanza. Apapun model baru yang akan datang, semua nantinya tetap akan tergantung dengan pilihan masyarakat dalam negeri karena ini berkaitan dengan selera masyarakat di Indonesia sendiri. Oleh karena itu, kompetisi di segmen ini pada masa yang akan datang menjadi salah satu yang layak untuk dinantikan.

Top