Recall Inflator Takata di Indonesia Masih Berlanjut

Toyota Indonesia Masih Lanjutkan Program Recall Inflator Takata – PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali meneruskan program special service campaign untuk sejumlah model kendaraannya. Program penarikan atau yang biasa disebut dengan recall ini dilakukan sebagai bentuk pertanggung jawaban Toyota terkait dengan masalah inflator airbag Takata.

Toyota Indonesia Masih Lanjutkan Program Recall Inflator Takata

Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjoparnoto menuturkan jika kampanye recall kali ini sengaja didesain agar lebih menarik untuk mengajak para konsumen melakukan pengecekan langsung kendaraan miliknya lewat situs resmi TAM (www.toyota.astra.co.id).

Tujuan dari kampanye ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dengan cara membuat informasi di website sehingga konsumen langsung bisa memasukkan data kendaraannya. Data yang dimasukkan ini adalah nomor rangka kendaraan, kemudian pihak Toyota akan memberikan informasi balik yang menunjukkan apakah kendaraan tersebut masuk dalam program spesial service campaign atau tidak.

Kampanye recall lanjutan ini juga diharapkan bisa membantu Toyota untuk melakukan penggantian inflator Takata pada mobil yang bermasalah seluruhnya hingga akhir tahun nanti. Terkait dengan jumlah mobil bermasalah yang sudah diperbaiki, Soerjo mengungkapkan jika jumlahnya masih sedikit.

Jumlah penggantian yang dilakukan masih kecil karena baru mencakup tiga persen padahal jumlah totalnya ada sekitar 9.000-an unit. Terhitung sejak informasi recall ini dikeluarkan, TAM baru bisa mengcover sekitar 2.000-an dan tiga persen yang baru. Jadi, kampanye ini memang diharapkan bisa meningkatkan jumlahnya.

Jenis mobil yang terkena recall kali ini pun cukup beragam. Seperti Toyota Corolla keluaran tahun 2001 hingga 2012, Alphard untuk rentang produksi 2010 hingga 2012, Camry dari tahun 2002 sampai tahun 2004, NAV1 tahun 2012, Vios lansiran tahun 2006 hingga 2012, dan yang terakhir Yaris yang dikeluarkan tahun 2006 hingga 2012. Meski begitu tidak semua model tersebut terkena dampak inflator Takata sehingga untuk mengetahuinya lebih lanjut, pemilik kendaraan bisa langsung mengecek melalui website resmi Toyota.

Inflator Takata sendiri diketahui bermasalah setelah meledak dengan kekuatan yang lumayan besar. Hal ini memunculkan potensi terlontarnya serpihan logam berbahaya yang justru bisa mengancam pengemudi dan penumpang saat kantung udara tersebut mengembang.

Top