Banyak Pesaing, Toyota Masih Andalkan Avanza

Avanza Masih Diandalkan Toyota – Dunia otomotif Tanah Air khususnya roda empat memang sempat dihebohkan dengan datangnya beberapa MPV baru dari beberapa pabrikan. Sebut saja Xpander milik Mitsubishi yang berhasil menjadi “Bintang” di ajang GIIAS 2017 yang lalu. Tak hanya itu, MPV asal negeri Tirai bambu bernama Wuling Confero pun turut meramaikan segmen ini yang kian “Panas”. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkannya, beberapa produk tersebut memang terlihat seperti ingin mengeser kedigdayaan Avanza disegmen LMPV di Indonesia.

Avanza Masih Diandalkan Toyota

Melihat hal tersebut, Toyota sebagai pemegang kendali pasar LMPV di Indonesia nampaknya tidak ikut terpancing dengan mengeluarkan produk baru untuk menyaingi kedua pesaing barunya tersebut. Henry Tanoto selaku Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) mengungkap Toyota akan tetap mempertahankan Avanza.

Menurutnya para pengguna produk Toyota merupakan konsumen yang loyal, sehingga kedatangan beberapa produk baru tersebut tidak membuat Toyota khawatir. “Kita selalu menyambut positif produk baru yang masuk ke sini, karena konsumen jadi banyak pilihan. Tapi bagi kami, adanya produk baru atau tidak, kami selalu memperhatikan kepuasan mereka sebagai pembeli sehingga banyak yang loyal dengan produk Toyota,” ungkap Henry yang Mas Sena lansir dari laman detikOto.

Meskipun Toyota Avanza sebagai andalan Toyota di segmen LMPV mengalami penurunan karena datangnya dua produk baru, namun menurutnya perkembangannya masih terbilang stabil. “Kita akui lah sejak ada segmen baru di entry MPV itu memang ada penyesuaian dimarketnya LMPV. Tapi Avanza penjualannya masih baik, angkanya disekitar 9 sampai 10 ribu-an,” papar Henry.

Bahkan menurutnya, penjualan Avanza di bulan Juli-Agustus masih tetap stabil. “Juli-Agustus sih penjualan Avanza masih baik, tapi kalau ditanya mengenai itu (penjualan karena Xpander) biasanya kita perlu waktu untuk melihatnya sebulan atau dua bulan kedepan,” tambahnya.

Namun Toyota pun tidak tinggal diam menghadapi kedatangan beberapa produk baru tersebut. Pihaknya disebut-sebut akan menambah dan mengembangkan layanan purna jual dari produk Toyota dan juga layanan servis. “Orang Indonesia sekarang kalau mau beli mobil kan tidak hanya melihat mobil ini baru atau tidak saja, mereka lihat juga service nya bagaimana, aftersales nya, dan inilah yang kita jaga,” pungkasnya.

Top