Ini yang Harus Dilakukan Saat Pedal Gas Macet Dikecepatan Tinggi

Pedal Gas Macet – Saat berkendara, apapun bisa terjadi tak terkecuali macetnya pedal gas saat sedang berada di kecepatan tertinggi. Hal ini tentu cukup membahayakan bukan? Tak hanya diri sendiri, namun juga para pengendara lain yang ada di jalanan. Lantas, apa ya yang harus dilakukan ketika pedal gas mobil tiba-tiba ngadat saat sedang digunakan?

Pedal Gas Macet

Dilansir dari detikOto, seorang wanita di Amerika Serikat lima tahun yang lalu pernah mengalami peristiwa serupa. Di mana ketika itu dirinya sedang mengendarai mobil KIA Sorento pada kecepatan 193 km/jam namun tiba-tiba pedal gas mobil tersebut blong dan tidak dapat dikendalikan. Sebenarnya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan ketika Anda mengalami kejadian serupa. Diantaranya dengan menarik langsung rem tangan, memindahkan gigi ke netral, hingga mematikan mesin.

Dilansir dari Carscoops ketika seorang sedang mengalami pedal gas blong pada mobil, penanganannya tentu tergantung pada mobil yang digunakannya. Jika mobil yang dikendarai tersebut bertransmisi matik, maka langkah terbaik yang harus dilakukan ialah dengan menginjak pedal kopling sehingga otomatis mobil akan berhenti. Namun jika mobil yang dikendarai bertransimi manual, langkah terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti ke posisi gigi netral.

Namun, jika dengan langkah di atas mobil belum juga dapat berhenti, hal yang harus dilakukan adalah menarik rem tangan dengan segera atau langsung mematikan mesin mobil. Yang pasti harus diingat adalah, jika memang terjadi hal demikian segera lepaskan kaki dari pedal gas baru kemudian melakukan langkah seperti di atas.

Tak jarang hal seperti ini kerap kali menimbulkan kecelakaan yang bahkan bisa berakibat fatal. Jika hal tersebut terjadi di jalanan yang kosong tentu saja tidak terlalu akan berdampak kepada pengguna jalanan lainnya, namun jika hal tersebut terjadi di jalanan perkotaan yang ramai dan padat, tentu akan menjadi masalah besar. Untuk itulah, sangat penting bagi teman-teman sekalian untuk menghindari berbagai hal tidak diinginkan tersebut untuk dapat memperhatikan beberapa langkah di atas sebagai salah satu antisipasi atau pencegahan.

Top