Parkir Mobil di China Setara Harga Mobil?

Tarif Parkir di China – Peraturan mengenai kewajiban kepemilikan garasi untuk para pembeli mobil menjadi hal yang cukup hangat diperbincangkan. Tempat parkir atau garasi memang menjadi hal yang primer bagi para pemilik kendaraan roda empat ini. Jika kita membandingkan biaya parkir di Indonesia dengan di luar negeri memang masih terbilang sangat murah. Bagaimana tidak di beberapa negara maju, pemerintah setempat menerapkan kebijakan biaya parkir yang sangat tinggi untuk menekan jumlah kendaraan di jalan demi mengatasi kemacetan.

Tarif Parkir Di China

Di China, setiap seseorang yang membeli apartemen maka juga akan dikenakan biaya untuk lahan parkir kendaraan yang dimilikinya. Tak tanggung-tanggung, bahkan biaya lahan parkir yang dikenakan bisa mencapai 1 juta Yuan atau setara dengan Rp 2 miliaran. Tentu angka yang cukup mahal, dan sudah setara dengan harga satu unit apartemen atau bahkan mobil mewah.

Bahkan karena mahalnya harga lahan parkir tersebut, banyak pengembang apartemen yang memanfaatkan hal tersebut dengan menawarkan paket apartemen dan lahan parkir sebagai kompensasi. “Ada peningkatan harga apartemen namun tidak dengan biaya parkir maka dari itu kami menawarkan jualan paket apartemen dengan lahan parkir sebagai kompensasi,” ungkap salah satu pengembang di Shanghai yang Mas Sena lansir dari Reuters.

Bahkan kenaikan harga lahan parkir di China ini sangat cepat. Bahkan di kota-kota besar di China seperti Beijing dan Shanghai harga lahan parkir bisa melebihi 1 juta Yuan. “Baru-baru ini kami menjual lahan parkir di Xiamen dengan harga 1 juta Yuan masing-masing, padahal tahun lalu harganya hanya 200 ribu Yuan,” lanjutnya.

Seperti yang sedang hangat diperbincangkan diberbagai media baru-baru ini. Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2014 Pasal 140 tentang transportasi yang mewajibkan pembeli mobil memiliki garasi memang menuai banyak pro dan kontra. Bahkan banyak produsen mobil yang paranoid kebijakan ini akan menggangu penjualan kendaraan yang berujung pada minat beli masyarakat terhadap kendaraan roda empat ini. Tak hanya itu saja, bahkan ada yang mengatakan jika peraturan tersebut bisa berdampak pada PHK karyawan pabrik karena berkurangnya minat membeli kendaraan.

Top