Diuji Tabrak, Bagaimana Nasib Picanto dan Rio?

Hasil Uji Tabrak Picanto dan Rio – Terhitung ┬ádari tahun ini terdapat perubahan pada tes tabrak mobil, sehingga mobil-mobil akan lebih sulit untuk mendapatkan nilai yang memuaskan dalam pengujian tersebut. Sebagai timbal balik dari perubahan tersebut, produsen mencoba berbagai upaya untuk melakukan perbaikan dan peningkatan standar keamanan untuk mobil yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

Hasil Uji Tabrak Picanto Dan Rio

Hal ini bisa dilihat dari pengalaman yang di dapat oleh merek asal Korea Selatan Kia terkait dengan Euro NCAP yang memiliki standar keamanan sangat tinggi. Tak heran jika dua mobil andalannya, Picanto dan Rio varian terbaru pun harus puas dengan nilai tiga bintang.

Sebagai contohnya, Picanto mampu memperoleh rating 79 persen dalam hal keamanan untuk penumpang dewasa.  Hal ini karena mobil tersebut hadir dengan perlindungan data pengemudi yang mendapat nilai marjinal ketika diuji tabrak pada bagian depan mobil. Perlindungan tersebut terlihat mengalami pengurangan akibat deselerasi yang tinggi.

Sedangkan ketika mobil menjalani tes tumbukan dari atas, small hatchback atau city car yang sudah dilengkapi dengan fitur autonomous braking ini memberikan perlindungan yang lumayan baik, hanya saja dalam pengujian ini perlindungan yang diberikan mobil masih belum maksimal untuk pejalan kaki.

Masalah lain juga masih ditemukan dalam hal perlindungan anak, Euro NCAP hanya memberikan nilai tertinggi 64 persen. Masalah utamanya adalah tensi di leher yang mengindikasikan dummy untuk anak berusia 10 tahun namun. Namun, untuk dummy anak 6 tahun perlindungan dadanya mampu memperoleh nilai marjinal.

Di sisi lain Rio, Euro NCAP menitikberatkan adanya tekanan yang kurang memadai yang terdapat di kantung udara untuk pengemudi yang difungsikan agar kepala tidak terbekap oleh kantung tersebut ketika sedang mengembang. Uji tabrak belakang pun, memberikan nilai marjinal untuk perlindungan penumpang belakang.

Perlindungan untuk anak sendiri, terdapat adanya indikasi masalah di mobil ini untuk dummy anak usia 6 tahun. Hasil ini terindikasi ketika mobil menjalani uji tabrak dari depan yang melibatkan kecepatan 64 kpj. Ini memungkinkan resiko terjadinya cidera dada pada anak namun sisanya tetap dinilai baik.

 

Top