Gara-gara Takata, VW Ikut Recall 5 Juta Unitnya di China

Masalah Takata Lagi-lagi Berujung Pada Recall 5 Juta VW – Merek mobil asal Jerman yang tahun lalu menjadi pemimpin pasar kini juga harus merasakan dampak dari cacatnya airbag milik Takata. Parahnya, nasib buruk ini justru menimpa VW di pasar mobil terbesar dunia, China. Di negara tersebut, mereka setidaknya harus melakukan penarikan kembali yang jumlahnya hampir menyentuh angka 5 juta (4,9 juta). Recall ini lagi-lagi masih disebabkan oleh masalah yang sama, yaitu inflator pada airbag Takata.

Masalah Takata Lagi Lagi Berujung Pada Recall 5 Juta Vw

Volkswagen sebelumnya telah mengeluarkan pernyataan singkat yang menyebut bahwa recall yang dilakukan oleh perusahaan meliputi kendaraan yang diproduksi secara lokal oleh FAW-VW, SAIC-VW, serta FAW-Audi. Begitu juga dengan mobil impor dengan merek VW seperti Audi, Seat, dan Skoda.

Pihak Volkswagen menjelaskan bahwa perusahaan melakukan recall sebagai tindak lanjut dari saran otoritas keamanan China. Padahal jika dilihat sejauh ini masih belum ada kasus yang ditemukan terkait dengan inflator airbag Takata pada seluruh mobil milik Grup Volkswagen yang ada di seluruh dunia.

Berdasarkan pernyataan yang telah diungkapkan oleh pihak Chinese General Administration of Quality Supervision, Inspection, and Quarantine (AQSIQ) langkah penarikan kembali yang akan dilakukan oleh pihak Volkswagen bakal dimulai  pada bulan Maret 2018 mendatang dan kampanye ini akan terus berlanjut hingga tahun 2019.

Terkait dengan kasus ini, menurut perkiraan terdapat sekitar 20 juta mobil yang sudah dipasarkan secara lokal di China dan dilengkapi dengan kantung udara cacat milik Takata. Kasus airbag Takata ini diketahui telah memakan sekitar 180 korban luka-luka dan menyebabkan 16 nyawa melayang. Merek yang melakukan penarikan ulang kendaraan mereka akibat masalah ini tak hanya VW saja karena sebelumnya beberapa merek telah melakukan langkah yang sama. Di Indonesia sendiri, sejumlah merek yang telah mengeluarkan pernyataan recall ini adalah Honda, Toyota, dan Nissan.

Untuk mengantisipasi jatuhnya korban baru sebagai dampak dari masalah ini, para pengguna mobil di Indonesia disarankan untuk melakukan pemeriksaan kendaraan melalui diler-diler resmi terdekat serta mencari informasi apakah mobil yang digunakan menjadi salah satu yang masuk dalam recall airbag Takata ini.

 

Top