50 Persen Pasar Hatchback Jadi Milik Honda Jazz

Honda Jazz Dominasi Setengah Pasar Hatchback РBerdasarkan catatan PT Honda Prospect Motor (HPM) tentang penjualan kendaraan di bulan Agustus 2017, jumlah totalnya bisa mencapai 17.690 unit. Sedangkan untuk sepanjang  tahun 2017 secara keseluruhan jumlahnya mampu menyentuh angka 123.628 unit atau pangsa pasarnya bisa dikatakan sebesar 17 persen. Jumlah ini mengalami penurunan sebanyak 9,14 persen daripada periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Honda Jazz Dominasi Setengah Pasar Hatchback

Salah satu model yang menjadi andalan Honda, Jazz diketahui mampu diterima pasar dengan baik dan hal ini tercermin dari hasil penjualannya yang mencapai 2.873 unit pada bulan kedelapan. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari bulan Juli yang jumlahnya hanya 1.112 unit. Dengan hasil itu, Jazz sukses menjadi pemimpin di pasar hatchback dengan pangsa pasar sebesar 50 persen dari total pasar yang jumlahnya 23.812 unit.

Terhitung dari acara perilisan mobil ini pada bulan Juli lalu, New Honda Jazz sudah berhasil dipasarkan sebanyak 3.985 unit. Sehingga jumlah total penjualan untuk periode Januari hingga Agustus 2017, Jazz sudah berhasil menembus angka yang cukup mencengangkan, yakni sebanyak 11.791 unit.

Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy mengatakan jika penjualan Honda pada bulan kedelapan 2017 mengalami kenaikan dari bulan sebelumnya sebab berbagai produk Honda juga mengalami kenaikan, termasuk dari model yang baru saja dirilis New Honda Jazz. Dengan hasil ini, Jonfis selaku wakil dari HPM menyatakan optimis jika hasil penjualan akan tetap menjanjikan dan konsisten pada semester kedua tahun ini.

Model Honda yang mengalami peningkatan penjualan dibandingkan bulan Juli bukan hanya Jazz saja. Pasalnya, model lain seperti CR-V pun menunjukkan kenaikan hasil penjualan sebanyak 19,2 persen dan New Honda Brio yang mengalami perkembangan penjualan positif hingga 57,6 persen. Kenaikan penjualan paling tinggi ditunjukkan oleh Mobilio yang besarnya mencapai 310 persen.

Tak hanya berhasil merajai hatchback, di sejumlah segmen lain pun Honda berhasil menduduki posisi paling atas sebagai model yang paling laris dibeli oleh konsumen. Selain Honda Jazz yang memiliki market share sebesar 50 persen, ada HR-V yang berhasil menguasai pasar sebesar 37 persen. Sementara itu, kepemilikan pasar  All-new Civic Turbo untuk segmen sedan mencapai 69 persen.

Top