Tahun 2018, Semua SPBU Gunakan Pembayaran Secara Elektronik

2018, Pembayaran SPBU Gunakan Elektronik – Kali ini, suatu tindakan nyata telah diterapkan oleh PT Pertamina (Persero) yang mana sudah mulai aktif mendorong penggunaan transaksi uang elektronik. Tak sampai di situ saja, melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak dan Bank Indonesia, Pertamina juga telah merencanakan program ini bahwa nantinya mulai Januari 2018 semua SPBU di Pontianak sudah memberlakukan non tunai.

2018, Pembayaran SPBU Gunakan Elektronik

Lalu, kira-kira kapan penerapan terpadu sistem cashless pada semua SPBU Pertamina ini diberlakukan? Terkait dengan pertanyaan tersebut, VP Corporate Communication Pertamina yang saat ini diketuai oleh Aditama Sardjito pun mengatakan bahwa belum ada pembicaraan lebih lanjut mengenai kepastian waktu penerapan secara menyeluruh.

“Yang jelas untuk Jakarta sampai saat ini kita masih tahap perbaikan sistem point of service (POS) terlebih dahulu. Karena supaya terintegrasi itu kan banyak jaringan nantinya. Belum ada kepastian kapan, sekarang kita ke sosialisasi dulu,” ucap Adiatma pada Minggu (17/9/2017).

Di sisi lain, Aditama sendiri juga berpendapat bahwa untuk penerapan di Pontianak lebih karena mendapat atensi dari pemerintah kota, sehingga terjalin kerja sama. Oleh sebab itu maka akan ada target waktu sampai kapan serta proses penerapan untuk mendorong ke transaksi non tunai.

Sebagai contoh saja seperti pemberlakuan jalur khusus pada hari Sabtu dan Minggu. Di mana, penerapan tersebut diakui sebagai salah satu upaya untuk menerapkan pembayaran uang elektronik sebagai transaksi dan wujud sosialisasi sebelum semua jalur pengisian di SPBU Pontianak nantinya cashless.

“Pada intinya kita belum ada pembicaraan target penerapan secara nasional, jadi belum ada deadline. Saat ini Pertamina lebih ke masalah uji coba untuk lihat respon masyarakat sekaligus mempersiapkan jaringan. Kalau sudah (penetapan) pasti nanti juga ada kabarnya,” kata Adiatma.

Top