Perhatikan Mengemudi Saat Hujan

Mengemudi Saat Hujan – Menjelang penutup akhir tahun 2014 kini intensitas curah hujan kian meningkat. Seringkali dalam waktu seharian suatu daerah bisa diguyur hujan lebat terus menerus bahkan hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Dengan guyuran hujan yang lebat tersebut tentunya menghasilkan jalan yang licin, jarak pandang terbatas dan bahkan bisa menyebabkan banjir disuatu tempat tertentu. Tentunya dengan kondisi tersebut bila bro dan sis mengemudi dengan kendaraan baik itu mobil ataupun motor akan menimbulkan resiko yang lebih tinggi karena akibat guyuran hujan ini. Kemungkinan yang paling besar adalah mengurangnya traksi ban karena terjadinya proses Hydroplaning yang menyebabkan suatu kendaraan mudah tergelincir. Dan juga masih ada hal-hal lainnya yang bisa terjadi kapan saja pada saat hujan mengguyur.

Perhatikan Mengemudi Saat Hujan

Nah agar lebih amannya selalu perhatikan mengemudi yang baik saat terjadi hujan baik itu intensitas lebat maupun ringan, berikut ini yang harus diperhatikan.

Pertama selalu fokus pada kemudi dan jalanan yang anda lalui, juga hindari mengobrol atau menelfon. Karena jika anda mengobrol ataupun menelpon akan mengurangi konsentrasi pengemudi sehingga akan menimbulkan resiko kecelakaan yang tidak di inginkan. Jika ada panggilan telfon atau keperluan telfon yang penting maka lebih baik anda menepi ditempat yang aman agar tidak membahayakan anda sendiri dan pengguna jalan yang lain.

Kedua selalu jaga jarak kendaraan, dengan mematuhi jarak aman kendaraan anda melalui perkiraan anda maka akan meminimalisir resiko kecelakaan dengan kendaraan didepan anda. untuk mobil pada kecepatan tinggi yang paling aman adalah sekitar panjang enam mobil didepan anda, jika kecepatan rendah bisa kurang dari itu. Sedangkan untuk motor sekitar 5 kali panjang motor, karena motor mudah untuk menghindar. Namun tetap hati-hati dalam melalukan pengereman serta berkendara.

Ketiga sesuaikan kecepatan yang aman, pada saat hujan lebat biasanya pandangan terbatas sehingga anda perlu mengemudikan kendaraan yang tepat yakni sekitar 40-60 km/jam saja.

Dan yang terakhir usahakan untuk menghindari rute bajir yang sering terjadi. Kemudikan kendaraan dilajur yang tepat, biasanya ditengah agar dapat menghindari genangan air yang terjadi ditepi jalan. Dan yang pasti gunakan lampu kendaraan yang tepat pada saat hujan yakni memanfaatkan lampu fog lam atau lampu utama dengan mode standar. Jangan lupa untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta mengemudilah dengan hati-hati dan waspada. Baca juga Kesalahan Penggunaan Lampu Saat Hujan dan Angka Kecelakaan di Indonesia.

Top