Pasar Low SUV Turun, Honda BR-V pun Anjlok

Honda BR-V Alami Penurunan Penjualan – Persaingan di segmen SUV memang menjadi pasar yang terbilang cukup ketat. Namun, tampaknya secara spesifik, di segmen Low SUV sendiri ada penurunan penjualan yang cukup drastis. Salah satunya yaitu Honda BR-V yang dikabarkan telah mengalami penyusutan sangat drastis dalam dua bulan terakhir. Yang cukup parah pada Agustus 2017 lalu di mana PT Honda Prospect Motor (HPM) hanya mengirimkan satu unit low SUV 7-seater itu ke dealer. Ada apa ya?

Honda BR V Alami Penurunan Penjualan

Terkait dengan hal tersebut, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM Jonfis Fandy pun merespon bahwa ia mengatakan kalau hal tersebut memang biasa terjadi, karena ada penyesuaian produksi antar model. Sehingga,, bagi Jonfis hal itu wajar saja.
Tak sampai di situ saja, bahkan Jonfis pun juga kembali menegaskan bahwa penundaan pengiriman ke beberapa dealer bukan berarti banyak unit BR-V (stok) yang menumpuk di sejumlah dealer di seluruh Indonesia.

”Namanya numpuk itu kalau selama tiga bulan tidak jualan dan tidak ada penyesuaian supply (pasokan), juga tidak melihat pasar,” ucap Jonfis dengan santai.

Namun di sisi lain, ada kecurigaan yang tersimpan. Pasalnya, banyak yang beranggapan bahwa pihak HPM sengaja tak lagi mengirim BR-V ke dealer karena tengah dipersiapkan produk facelift. Namun, terkait dengan anggapan tersebut, Jonfis membantah, ”Belum ada (rencana facelift),” ucapnya singkat.

Sementara itu, jika melihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Juli 2017 lalu Low SUV yang bernama Honda BR-V ini diketahui hanya dikirimkan 590 unit. Dengan kata lain, turun drastis dari biasanya yang bisa mencapai antara 1.200-2.000-an unit per bulan. Bahkan yang paling ekstrem terjadi pada Agustus 2017 lalu yang cuma didistribusikan satu unit. Bahkan, apabila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016 lalu, Honda BR-V memang mengalami penurunan sebesar 67 persen. Di sisi lain, pada bulan Januari-Agustus 2016, model ini terjual 38.666 unit.

Akan tetapi, sepertinya Honda BR-V pun tak sendirian mengalami penurunan yang cukup drastis ini. Pasalnya, semua model di segmen ini juga mengalami dampak penyusutan Januari-Agustus 2017. Total pasar low SUV anjlok 45 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Top