SPBU di Pontianak Siap Uji Coba Sistem E-Money

Transaksi Non Tunai di SPBU – Baru-baru ini memang sedang hangat diperbincangkan mengenai kewajiban menggunakan uang elektronik untuk transaksi di pintu tol. Wacana ini pun sudah mulai disosialisasikan oleh PT. Jasa Marga untuk dapat menerapkannya secara penuh pada beberapa waktu ke depan. Hal ini dilakukan PT Jasa Marga untuk menjalankan instruksi Pemerintah yang mewajibkan transaksi nontunai di seluruh ruas tol di Indonesia pada akhir Oktober 2017.

Transaksi Non Tunai Di SPBU

Tak hanya PT Jasa Marga, BUMN lain rupanya juga disebut-sebut akan menerapkan sistem serupa. Adalah Pertamina, yang disebut sedang mempersiapkan hal yang sama dengan apa yang dilakukan PT Jasa Marga untuk memberlakukan transaksi non-tunai di SPBU miliknya. Dilansir dari Liputan6otomotif, Adiatma Sardjito, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) mengatakan, “Iya, tahun 2018 kita arahnya ke cashless. Beberapa daerah saat ini sedang diuji coba”.

Bahkan, kabar ini bukan hanya isapan jempol semata, mengingat pada Sabtu 16 September yang lalu, General Manager Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan, Yanuar Budi Hartanto, tanda tangani perjanjian kerja sama Elektronifikasi Pembelian BBM secara Nontunai di seluruh SPBU di Pontianak dengan Kepala Kantor Perwakilan BI Kalimantan Barat Dwi Suslamanto dan Wali kota Pontianak Sutarmidji.

Dengan ditanda tanganinya MOU tersebut menjadi penanda akan diterapkannya sistem tersebut di seluruh SPBU yang ada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Namun demikian, proses penerapan sistem ini tidak akan sekaligus dijalankan secara menyeluruh. Melainkan dengan konsep berangsur-angsur di mana pada Sabtu dan Minggu, akan diberlakukan satu jalur khusus penggunaan uang elektronik. Berangsur-angsur setelah konsumen terbiasa, akan ditambah lagi penerapannya sebagai persiapan akan diberlakukannya transaksi nontunai di semua jalur SPBU.

Alicia menargetkan pada Januari 2018 mendatang, semua SPBU di Pontianak akan menggunakan transaksinon-tunai atau menggunakan e-money “Per Januari 2018, semua jalur di SPBU akan diberlakukan transaksi nontunai atau menggunakan e-money pada 21 SPBU di Pontianak,” pungkas Alicia Irzanova, Area Manager Communication and Relation Kalimantan yang Mas Sena lansir dari laman Liputan6 otomotif.

Top