Byson Memble, Ini Komentar Yamaha

Penjualan Byson – Yamaha memang diketahui memiliki beberapa line-up motorsport 150cc yang cukup dikenal di masyarakat. Salah satu yang sempat digandrungi adalah Yamaha Byson, yang memiliki tampilan besar layaknya banteng. Namun rupanya, masa kejayaan Byson kini telah berakhir. Berdasarkan informasi yang Mas Sena dapatkan dari Kompasotomotif, penjualan Byson saat ini memang sedang mengalami masa-masa tersulit, bahkan jika diibaratkan pepatah keadaan Byson saat ini seperti hidup segan mati tak mau.

Penjualan Byson

Terkait dengan hal tersebut, Yamaha melalui GM Aftersales & Public Relationsnya M Abidin mengatakan jika segmen yang dihuni Byson saat ini persepsinya telah bergeser. Menurutnya, saat ini konsumen lebih menyukai motorsport 150 cc dengan tenaga yang maksimal ketimbang desainnya. ”Dari tenaga, Byson tak terlalu besar, model juga ’so so’, irit sudah pasti, karena injeksi. Tapi tidak masuk pada persepsi konsumen sekarang. Masih ada pasarnya, meski tidak besar. Pemesanan yang masuk jumlahnya tidak agresif,” ujar Abidin.

Meskipun demikian, Yamaha masih belum berencana untuk “menyuntik mati” motor ini. Namun, PT YIMM saat ini masih terus melihat pergerakan angka penjualannya meskipun jika dilihat faktanya memang angka penjualan tersebut terus menurun dan bahkan lebih rendah dari tahun lalu. Langkah yang diambil saat ii sendiri bertujuan untuk tetap menjaga Byson agar dapat survive. ”Usia (Byson) belum bisa diprediksi. Pasar di Indonesia tidak bsia dihomologasikan layaknya konsumen Ibu Kota. Ada model baru, tetap saja diler atau konsumen yang menanyakan model lama. Misalnya, masih ada yang minta V-Ixion Lightning, atau Xeon bahkan,” ujar Abidin.

beberapa bulan yang lalu, Byson sendiri sempat disegarkan dengan warna baru yakni doff yang dianggap membuatnya lebih macho dan gagah. Namun, rupanya usaha tersebut tidak cukup untuk dapat meningkatkan permintaan Byson ini dari konsumen. Bahkan selang sebulan setelah penyegaran warna tersebut beredar sebuah rumor yang mengabarkan jika Yamaha akan menyuntik mati Byson mengikuti Scorpio, namun hal tersebut hanya sebuah rumor. Saat ini, dengan angka penjualannya yang masih tidak sebagus beberapa tahun lalu, apakah Byson masih sanggup bertahan?

Top