Desain Mirip, Penjualan Scoopy dan Fino Beda Jauh

Perbedaan Penjualan Scoopy dan Fino – Honda dan Yamaha di Indonesia memang diketahui sejak lama menjadi rival utama dalam bersaing di dunia otomotif roda dua Tanah Air. Keduanya memiliki beberapa line-up yang seolah diciptakan untuk menyaingi kompetitornya dengan desain yang hampir mirip. Seperti yang dapat kita lihat pada Yamaha Fino dan Honda Scoopy. Keduanya memiliki desain yang sama-sama mengusung konsep retro. Namun bagaimana dengan angka penjualan diantara keduanya?

Perbedaan Penjualan Scoopy Dan Fino

Dilansir dari OtomotifKompas, Honda Scoopy disebut-sebut lebih diminati oleh calon konsumen Indonesia dengan penjualannya yang mencapai 57731 unit pada bulan Mei 2017 yang lalu. Bahkan, jika dirata-rata, penjualan Scoopy pada delapan bulan pertama tahun ini tidak pernah lebih rendah dari 40000 unit perbulan. Hal ini berbanding terbaik dengan pesaing utamanya Yamaha Fino yang hanya mampu terjual 8814 unit pada bulan Agustus lalu.

Meskipun sebenarnya jika melihat kemunculan awalnya, Fino menjadi pionir skuter retro modern pertama di Indonesia. Namun rupanya hal tersebut tidak cukup membuatnya gagah untuk dapat merajai segmen ini dan justru tertinggal jauh dari follower nya yakni Scoopy. Secara total dari bulan Januari hingga Agustus 2017 ini Fino hanya mampu terjual sekitar 86998 unit. Angka tersebut tentu tidak sampai setengah dari penjualan Scoopy.

Apalagi saat ini, Maxi Yamaha memang lebih diminati oleh konsumen. Hal tersebut tentu sedikit banyak berpengaruh pada Yamaha Fino yang notabene penjualannya tidak terlalu bagus. Meskipun sebenarnya jika membandingkan antara harga Fino dan Scoopy keduanya memiliki rentang harga yang tidak terlalu jauh dan bahkan Fino lebih murah. Di mana Yamaha membanderol Fino dengan kisaran harga Rp 17,2 juta hingga Rp 18,4 juta. Sementara Honda membanderol Scoopy dengan harga Rp 17,8 jutaan.

Angka penjualan Honda Scoopy yang jauh lebih tinggi dari Yamaha Fino disinyalir juga tidak lepas dari berbagai pembaruan yang kerap dilakukan Honda terhadap motornya ini. Di mana pada bulan lalu PT Astra Honda Motor (AHM) pun baru saja melakukan pembaruan yang cukup signifikan pada motor tersebut.

Top