Satria Kalah Lawan Sonic, Ini Strategi Bertahan Suzuki

Penjualan Satria Tidak Stabil – Satria F150 yang sempat berjaya pada beberapa tahun lalu rupanya saat ini harus kewalahan melawan pesaingnya yang memiliki segmen sama yakni bebek sport dari Honda. Bagaimana tidak, Satria F150 yang notabene lebih “tua” justru tertinggal jauh dalam segi penjualan dari Honda Sonic yang notabene pendatang baru pada segmen bebek sport. Menanggapi hal tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun melakukan beberapa strategi untuk dapat mempertahankan Satria salah satunya dengan melakukan penyegaran.

Penjualan Satria Tidak Stabil

Pada gelaran ajang Bursa Motor yang digelar di kawasan SCBD, Jakarta 24 September 2017, Suzuki pun menunjukkan desain terbaru dari Satria ini meskipun perubahannya terlihat sangat minim. Di mana, pada penyegaran kali ini PT SIS memperkenalkan grafis sticker baru yang diharapkan membuat tampilan dari Satria F150 ini menjadi lebih segar. Penyegaran ini merupakan yang pertama kali dilakukan PT SIS semenjak Satria F150 ini diluncurkan pada tahun lalu.

Desain baru dari grafis sticker Satria F150 ini memang membuatnya tampak lebih segar dan tampak simpel. Sticker baru ini tersedia untuk varian warna brilliant white, titan black, dan stronger red. Lalu ada versi limited edition triton blue, titan black – red, dan matt black. Meskipun penyegaran yang dilakukan hanya terjadi pada stickernya saja, namun rupanya hal tersebut cukup mempengaruhi harga jual Satria F150 ini. Di mana SIS membanderol motor ini Rp 22,2 juta untuk varian standar dan Rp 22,65 juta untuk tipe Predator, atau naik Rp 200.000.

Terkait dengan penjualan Satria ini yang kalah jauh dari Honda Sonic memang menjadi sebuah sinyal bagi Suzuki untuk dapat mengembalikan kejayaannya atau setidaknya membuat penjualannya stabil. Pasalnya, rata-rata penjualan dari Suzuki Satria F150 ini memang tidak stabil dan tertahan dikisaran 800-2.100 unit per bulan. Bahkan selama delapan bulan penjualan total Satria F150 ini hanya mencapai 9.838 unit.

Hal ini berbanding terbailk dengan pesaingnya yakni Honda Sonic yang mampu terjual sekitar 1.300-3.000 unit dalam satu bulannya. Bahkan untuk delapan bulan pertama di tahun 2017 ini Sonic mampu terjual lebih dari dua kali lipat penjualan Satrian yakni mencapai 20.400-an unit.

Top