“Hatchback dan “City Car” Bakal Laris di Pasaran Mobil Bekas

Penjualan “Hatchback” dan “City Car” Bakal Tumbuh di Pasar Mobkas – Jika kita melihat perkembangan penjualan mobil bekas di segmen hatchback dan city car beberapa waktu lalu sampai dengan hari ini, tampaknya penjualan mobil bekas di dua segmen yang berbeda tersebut masih lambat.

City Car

Untuk saat ini, memang penjualan mobil bekas hatcback dan city car ini masih kalah dengan penjualan MVP bekas seperti Avanza dan Xenia, namun beberapa pengamat pasar berpendapat bahwa perkembangan penjualan mobil bekas di dua kelas tersebut bukan berarti tidak bergerak.

Meski berjalan lambat, tak dapat dipungkiri bahwa peminat hatchback dan city car semakin hari semakin meningkat. Meningkatnya penjualan dua segmen mobil tersebut dikarenakan disesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya disesuaikan dengan kondisi kota pemilik mobil tersebut.

Terutama masyarakat di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan kota besar lainnya di Indonesia, tentunya akan memilih mobil berdimensi kecil ini karena dianggap fleksibel untuk digunakan dengan mempertimbangkan cartport, garasi, lahan parkir yang dimiliki, dan sebagainya.

Adanya berbagai pertimbangan tersebut, tentunya akan membuat penjualan hatchback dan city car pun semakin meningkat. Dengan meningkatnya penjualan kendaraan berdimensi kecil tersebut, semakin lama juga akan membuat pasaran mobil bekas di segmen hatchback dan city car tersebut juga semakin naik.

Prediksi itu tampaknya benar adanya, karena konsumen segmen hatchback dan city car sekarang ini tak hanya kalangan anak muda saja tetapi juga sudah diminati oleh segmen keluarga. Keluarga muda misalnya, atau pun keluarga kecil dengan dua anak juga lebih berminat menggunakan mobil dengan segmen tersebut. Apalagi mobil tersebut digunakan tidak untuk bepergian ke luar kota, tetapi untuk aktivitas sehari-hari seperti mengantar anak ke sekolah, ke kantor, ke supermarket, dan berbagai aktivitas harian lainnya.

Beberapa pengamat mobil bekas dalam hal ini juga meyakininya demikian. Terlebih, beberapa pengamat juga melihat kenaikan akan kebutuhan mobil hatchback dikaitkan dengan perkembangan properti. Dengan menyesuaikan  hunian yang dimilikinya, konsumen tentunya akan lebih melirik mobil hatchback dibandingkan dengan mobil city car. Jika dibandingkan, memang city car fleksibel dan irit, tetapi jika digunakan keluar kota tidaklah senyaman hatchback. Dengan demikian, pasar penjualan dua segmen mobil bekas tersebut suatu hari nanti bisa meningkat dengan pesat.

Top