Nopol Warna Baru Mulai Digunakan Tahun Depan

Nopol Warna Baru Disosialisasikan – Nopol (Nomor Polisi) bagi pengendara pribadi sudah dikabarkan akan memiliki tampilan yang baru. Dikabarkan bahwa nopol tersebut akan terintegrasikan dengan pendataan Samsat (SIM) secara elektronik. Menurut Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri) Irjen Pol Royke Lumowa, mengatakan bahwa aturan penetapan warna pelat nomor baru mulai dilaksanakan secara bertahap pada tahun 2019. Prosesnya pun tidak langsung melainkan prosesnya tersebut harus melakukan perubahan terhadap regulasi sebagai dasar hukum.

Nomor Polisi Pesanan 01 20161101 132302

Untuk nomor polisi (nopol) saat ini sudah tercantum dalam Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012. Berdasarkan informasi yang didapatkan Mas Seno di KompasOto, Korlantas Polri mengatakan bahwa teknis pelaksanaan untuk tahap awal akan diberlakukan bagi kendaraan baru. Selanjutnya akan berlaku untuk mobil atau sepeda motor yang habis masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) lima tahunan.

Melalui akun resmi NTMC_Polri, sosialisasi dilakukan Rabu (27/9) yang dipimpin langsung oleh Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Risyapuddin, mewakili Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa. Pada sosiaslisai perubahan warna nopol baru ini dihadiri 132 peserta dari perwakilan tiap Polda se-Indonesia yang bertugas sebagai operatir SIM, Bintara material, Regident serta para Kasubdit masing-masing Ditlantas Polda.

Risyadpuddin juga menambahkan bahwa diharapkan semua lini Korp Lalu Lintas masing-masing daerah mensosialisasikan tentang adanya perubahan warna nomor polisi baru yang akan diimplementasikan tahun 2019 mendatang. Instruksi langsung saat sosialisasi tersebut menandakan bahwa kabar perubahan warna nopol tersebut sudah pasti dan akan segera dilaksanakan. Sehingga persiapan yang akan dilakukan harus sudah dilakukan sejak dini untuk mengantisipasi adanya ketidaktahuan masyarakat mengenai proses perubahan warna nomor polisi tersebut.

Maka dari itu, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan tidak ada masyarakat yang belum mengetahui akan adanya perubahan warna nomor polisi baik pada mobil atau sepeda motor pribadi tersebut. Terlebih warna nomor polisi tersebut akan terintegrasikan langsung pada Samsat sehingga diharapkan masyarakat untuk tidak mematuhi adanya perubahan warna nomor polisi yang baru ini.

 

 

Top