Formula 1 Terapkan Kokpit Halo Yang Berharga Fantastis

Kokpit Halo Segera Digunakan Untuk Formula 1 –¬†Menurut pengelola olahraga, FIA bahwa Formula 1 akan mulai menggunakan perlindungan tambahan, Kokpit Halo. Kabar ini sempat membuat heboh dunia otomotif Formula 1. Biaya yang dibayarkan oleh tim untuk menerapkan kokpit Halo tersebut juga tidak sedikit, bahkan biaya tambahan untuk dilakukan uji beban pun akan diajukan kembali kepada tim. Tentu ini membuat tim merasa terbebani dengan biaya tersebut. Dikabarkan bahwa harga kokpit Halo tersebut cukup mencengangkan. ¬†Menurut laporan Auto and Sport, kalangan paddock dibuat kewelahan dengan harga kokpit Halo yang mencapai 13.000 EURO sampai 24.000 EURO atau sekitar Rp. 205,1 juta hingga 378,7 juta.

Kokpit Halo Akan digunakan pada mobil F1

Harga tersebut cukup mengejutkan berbagai tim di Formula 1, terlebih kokpit tersebut tidak dibuat oleh timnya sendiri. Menurut pengelola olahraga, FIA, kokpit Halo tersebut akan dibuat oleh tiga perusahaan eksternal. Bagi tim ini cukup memberatkan terlebih biaya yang harus dibayarkan semakin banyak.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pernyataan mengenai penggunaan kokpit Halo sempat mengalami pro dan kontra oleh tim dan pembalap itu sendiri. Kabarnya penggunaan kokpit Halo ini telah melanggar etos konsep tradisional kokpit terbukan di F1.

FIA bahkan telah melakukan survei untuk diterapkannya kokpit Halo ini di Formula 1 beberapa waktu lalu. Kebanyakan dari survei yang dilakukan FIA beberapa waktu lalu mendapatkan jawaban yang jurang mengenakkan pasalnya banyak yang tidak menyetujui dengan diterapkannya kokpit tersebut. FIA menerima 16 jawaban dari pembalap dengan hasil 7 orang tidak menyetujui akan pendapat tersebut sedangkan 5 orang abstain. Hal ini menunjukkan bahwa kokpit Halo sempat mengalami kendala dan bahkan sempat diundur. Kokpit Halo yang terbuat dari serat karbon tersebut tidak hanya diperuntukkan oleh F1 saja melainkan juga akan diwajibkan untuk F2. Penggunaan Kokpit Halo untuk Formula 2 tersebut akan dimulai pada musim depan.

Kokpit Halo selain memiliki harga yang mahal, tampilan pada mobil F1 juga akan terlihat berbeda. FIA mengatakan bahwa manfaat keamanan telah ditetapkan dan beberapa desain Halo akan semakin ditingkatkan dengan dukungan dari tim.

 

 

Top