Mobil Pedesaan Buatan Lokal Siap Diproduksi Massal

Tahun Depan, Mobil Pedesaan Siap Diproduksi – Mengikuti zaman dan tak ingin kalah dengan produsen asing, kali ini mobil buatan lokal pun siap unjuk gigi. Di mana, sejak proyek mobil nasional, Esemka saat ini sudah tidak terdengar lagi suaranya, belum lama ii justru muncul mobil buatan anak bangsa lainnya dengan label berbeda, yaitu mobil pedesaan dengan mengusung nama Kiat Mahesa Nusantara.

Tahun Depan, Mobil Pedesaan Siap Diproduksi

Perlu diketahui bahwa mobil lokal asal Klaten, Jawa Tengah ini dikembangkan oleh Kiat Motor yang dimiliki Sukiyat, yang merupakan salah satu pelopor Esemka, beberapa tahun lalu. Di mana, kali ini mobil pedesaan ini kabarnya akan diproduksi massal pada tahun 2018 mendatang.

Di sisi lain, sedikit berbeda dengan Esemka yang produksi massalnya belum diketahui. Pasalnya, untuk Mahesa sendiri justru sudah ditetapkan bakal diproduksi tahun depan. Meskipun hingga saat ini, mobil tersebut belum melakukan uji coba.

“Sudah jadi tiga prototipe, dan sekarang saya sedang urus pengujiannya. Rencananya produksi tahun depan, tepatnya Agustus 2018,” jelas Sukiyat pada Kamis (28/9/2017).

Di sisi lain, Sukiyat sendiri menyatakan bahwa nantinya untuk produksi massal mobil pedesaan ini rencananya bakal dilakukan di Kiat Motor. Sedangkan di sisi lain, untuk urusan komponennya akan didatangkan dari berbagai vendor di Tanah Air. Sementara itu, pada bagian mesinnya sendiri sementara ini masih impor dari India, namun saat nantinya diproduksi, Sukiyat menegaskan bakal menggunakan mesin buatan Indonesia.

“Untuk prototipe ini memang masih banyak impor, tapi nanti setelah produksinya berjalan bakal lebih banyak komponen lokalnya,” terang Sukiyat.

Di samping itu, menyoal pada sektor mesin dan harga, untuk Kiat Mahesa Nusantara ini kabarnya bakal dipersenjatai dengan mesin Diesel berkapasitas 650 cc. Walaupun mesin yang akan digunakan sudah diketahui dengan jelas akan tetapi bagi pihak Kiat Motor belum memberikan informasi secara detail terkait tenaga dan juga torsi pada mesin yang diusung pick up buatan anak bangsa tersebut. Sedangkan, harganya akan berkisar di antara Rp 60 juta sampai Rp 70 jutaan.

“Harganya mulai dari Rp 50 juta, Rp 60 juta, sampai paling mahal Rp 70 juta belum dengan pajaknya,” tegasnya.

Tak sampai di situ saja, kabarnya Kiat Mahesa Nusantara ini pun nantinya bakal hadir dengan tiga tipe berbeda. Beberapa tipe tersebut antara lain seperti kabin ganda, pick up kabin tunggal serta pick up dengan dek rata power take off.

Top