Istimewa, Toyota dan Mazda Bakal Bikin Kendaraan Listrik

Toyota dan Mazda Bentuk Tim untuk Produksi Kendaraan Listrik – Tren akan kendaraan listrik tampaknya kini menjadi hal yang cukup mendapat perhatian publik mengingat mobil bertenaga listrik ini diklaim akan menjadi kendaraan utama di masa depan. Begitu juga dengan Toyota Motor yang belum lama ini akan membentuk tim baru dengan menggandeng Mazda dan produsen komponen Denso Corporation. Di mana, tim tersebut dihadirkan untuk mengembangkan teknologi dasar kendaraan listrik. Ketiganya menandatangani nota kesepakatan pada Kamis (28/9/2017).

Toyota Dan Mazda Bentuk Tim Untuk Produksi Kendaraan Listrik

Tak sampai di situ saja, bahkan ketiganya juga memutuskan untuk mendirikan perusahaan baru. Di mana, kolaborasi antara Mazda dan Toyota tersebut bakal terdiri dari beberapa insinyur terpilih dari masing-masing perusahaan sebagai salah satu upaya untuk memastikan pelaksanaan pengembangan teknologi bisa jalan bersama secara efisien.

Di sisi lain, kerjasama atau kolaborasi yang dilakukan oleh Toyota dan Mazda ini merupakan sebuah jawaban dari tantangan yang menghadang di era baru. Pasalnya, di era saat ini, sudah banyak negara mulai menerapkan kebijakan ketat untuk mengurangi polusi udara dan efek rumah kaca. Tentu saja, hal tersebut menjadi isu mendesak sekaligus sebagai salah satu upaya dalam merespon permintaan kendaraan listrik di seluruh dunia secara luas.

Nah, terkait dengan kolaborasi antara Mazda dan Toyota tersebut, disepakati bahwa dalam perjanjian tersebut meliput pengembangan dengan beragam model, mulai dari kendaraan kecil hingga kendaraan penumpang. Tak hanya itu saja, kendaraan di segmen SUV dan truk ringan pun juga turut menjadi perhatian. Prosesnya dengan menggabungkan kekuatan masing-masing perusahaan, termasuk perencanaan produk dan kecakapan Mazda dalam pengembangan berbasis pemodelan komputer, Teknologi elektronik Denso, dan platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Di sisi lain, perlu diketahui bahwa di perusahaan baru, Toyota menjadi pemilik terbesar dengan menguasai saham sampai 90 persen. Tentu, hal ini akan menjadi salah satu bentuk “politik bisnis” Toyota. Sementara itu, Mazda dan Denso masing-masing hanya menguasai saham sebesar 5 persen. Selain itu, modal awal yang disiapkan pun menginjak pada angka 10 juta yen atau Rp 134 miliaran yang dikutip dalam siaran resminya pada Kamis (28/9/2017).

Top