Canggih! CCTV Lalin di Jakarta Bisa Omelin Pelanggar

Sistem Tilang Elektronik – Penggunaan sistem tilang elektronik yang mulai diterapkan di beberapa kota besar memang menjadi hal yang menarik untuk diperbincangkan. Sistem penilangan yang sebenarnya sudah lazim digunakan di beberapa negara maju, rupanya memang menjadi hal baru untuk masyarakat Indonesia yang dikenal gemar melanggar peraturan lalu lintas. Yang menarik, CCTV yang digunakan untuk melakukan pemantauan di lampu lalu lintas juga bisa “ngomelin” para pelanggar lalu lintas.

Sistem Tilang Elektronik

Setidaknya hal tersebut yang terjadi pada sebuah video yang beredar di dunia maya. Di mana, petugas rupanya dapat menegur para pelanggar lalu lintas di lampu merah dengan menggunakan CCTV dan pengeras suara yang dipasang. Dalam video tersebut, terlihat petugas yang berada di command center menegur salah seorang pelanggar lalu lintas yang berhenti melewati marka jalan dan berada di atas zebra cross. Karena terlihat bingung dan sepertinya malu, pengendara tersebut pun kemudian mundur dan mencari posisi “aman”.

Dalam caption video tersebut tertulis jika fasilitas tersebut memang di lengkapi oleh dinas Pemprov DKI untuk meningkatkan ketertiban lalu lintas di Jakarta. “Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta telah memiliki fasilitas yang dapat meningkatkan ketertiban lalu lintas di Jakarta. Petugas yang memantau lalu lintas melalui CCTV, dapat menegur secara tidak langsung para pelanggar lalu lintas yang berhenti melewati marka garis stop. Petugas pun akan meminta para pelanggar tersebut untuk memundurkan kendaraannya hingga ke posisi yang benar,”.

Tak hanya itu saja, dalam video tersebut juga terlihat para petugas yang sedang memantau layar yang menampilkan CCTV dari berbagai ruas jalan untuk memperhatikan para pengendara. Meskipun demikian, hingga saat ini belum diketahui di mana lokasi yang ada pada video tersebut. Yang pasti dengan berbagai sistem baru yang diterapkan Korlantas Polri ini diharapkan para pengendara akan semakin tertib berlalu lintas.

Pasalnya selain sistem yang sudaj berjalan tersebut, diketahui jika Korlantas mewacanakan jika tahun depan akan melakukan pergantian warna plat nopol untuk lebih mempermudah sistem tilang elektronik tersebut.

Top