Stop Impor dari Thailand, Pajero Sport Lokal Tetap Mahal

Mitsubishi Hentikan Impor Pajero Sport dari Thailand – Sudah kita ketahui bersama bahwa pabrik baru Mitsubishi yang berlokasi di kawasan industri GIIC, Delta Mas, Bekasi, Jawa Barat dilaporkan telah dilengkapi kapasitas produksi 160.000 unit per tahun. Di mana, angka produksi secara keseluruhan tersebut terdiri dari dua tipe mobil buatannya, antara lain 80.000 unit Xpander dan Pajero Sport serta pick up tipe L300 masing-masing 30.000 unit.

Mitsubishi Hentikan Impor Pajero Sport Dari Thailand

Padahal, jika sedikit flash back ke belakang perlu diketahui bahwa justru model yang lebih dulu dirakit di pabrik tersebut, bukan Xpander melainkan Pajero Sport. Varian Dakar Ultimate sudah diproduksi lokal, menyusul tipe lainnya dalam waktu dekat. Di sisi lain, terkait hal tersebut Irwan Kuncoro selaku Direktur Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pun menjelaskan juga bahwa saat ini diketahui hanya satu tipe yang belum diproduksi lokal, yaitu Exceed yang mana sangat dimungkinkan pada akhir tahun ini akan segera mulai diproduksi.

Lalu, apakah kira-kira untuk waktu sekarang ini masih ada proses impor dari Thailand? “Sekarang sedang transisi, jadi bisa dipastikan tidak ada lagi, tetapi mungkin di pasar masih ada,” ucap Irwan di Bekasi pada Selasa (3/10/2017)

Di samping itu, walaupun seluruh varian sport utility vehicle (SUV) jagoan Mitsubishi ini sudah mulai dirakit lokal tetapi mengenai harga, Irwan sendiri telah memastikan bahwa banderolnya masih lebih mahal ketimbang versi completely build-up (CBU) Thailand. tentu, hal tersebut membuat pihak bertanya-tanya mengingat secara logika sudah diproduksi secara lokal.

“Secara value for money jelas naik, karena bukan semata-mata kita naikkan harga, tetapi ada penmbahan fitur serta spesifikasi,” jelas Irwan.

Sedangkan di lain sisi, diambil contoh bahwa ketika varian baru diluncurkan, yaitu Dakar Ultimate secara banderol malah lebih mahal Rp 40 juta dari versi CBU. Tetapi, memang ada penambahan fitur yang bisa menjadi alasan buat Mitsubishi menaikkan harga. Apakah hal tersebut akan lebih memikat konsumen atau tidak, tentu hasil akhir yang akan menentukannya.

Top