Hyundai Kembangkan Sistem Ramah Anak

Hyundai Cegah Anak Tertinggal Dalam Mobil – Kasus yang sering terjadi oleh masyarakat adalah meninggalkan anak didalam mobil dengan keadaan mobil mati dan tertutup, hal ini sering terjadi dan sudah memakan korban. Tentu dengan banyaknya kasus yang sering terjadi, mobil asal Korea Selatan, Hyundai akan memngembangkan sistem yang ramah anak. Kasus tersebut tidak hanya terjadi di Korea saja melainkan di berbagai negara juga sering mengalami kasus tersebut terutama di Amerika Serikat. Dengan dikembangkannya sistem pengamanan yang dilatarbelakangi tertinggalnya anak di dalam mobil, diharapkan akan mengurangi kasus sejenis terulang kembali.

HYUNDAI MOTOR ANNOUNCES NEW REAR OCCUPANT ALERT REDUCING CHILD HEAT HAZARDS

Hyundai mengembangkan sistem pengamanan tersebut berdasarkan berbagai data statistik di Amerika Serikat soal kematian anak yang ditinggal di dalam mobil. Dari data statistik tersebut didapatkan bahwa sebanyak 38 anak meninggal diakibatkan oleh udara panas dalam mobil sedangkan 800 anak meninggal karena penyakit yang terjadi pada anak karena sensitif terhadap panas pada mobil. Kebanyakan dari orang tua yaitu 55% tidak menyadari akan dampak buruk terhadap anak yang ditinggal didalam mobil. Tentu ini menjadi sebuah pembelajaran yang penting bagi orang tua, maka dari itu Hyundai akan memberikan fasilitas yang akan membantu orang tua untuk tidak meninggalkan anak di dalam mobil.

Sistem yang akan dikembangkan oleh Hyundai tersebut dinamakan dengan Rear Alert System. Sistem ini juga bisa memberitahukan kepada orang tua melalui smartphone apabila smartphone tersebut sudah terhubung ke Hyundai Blue Link System. Kinerja dari sistem pengamanan ini menggunakan sensor ultrasonic untuk memantau penumpang belakang. Apabila sensor tersebut menangkap terdapat anak atau penumpang yang di tinggal maka akan mengeluarkan sebuah peringatan dalam bentuk visual dan audio. Ketika pengemudi turun, peringatan pertama yang keluar akan muncul pada layar MID. Dan apabila pengemudi sudah menjauh dari mobil maka klakson akan berbunyi dan diiringi dengan nyala lampu yang berkelip berulang kali.

Rencananya, sistem Rear Occupant Alert System tersebut akan dikembangkan di Amerika Serikat dan mulai diimplementasikan pada 2019. Namun untuk negara lain sepertinya Hyundai belum mencoba mengembangkan sistem ini karena kasus tersebut tidak sering terjadi di negara lain. Namun, tidak menutup kemungkinan sistem ini akan dikembangkan di berbagai negara yang memiliki kasus yang sama dalam jumlah yang cukup besar.

Top