Nissan Kembangkan Fitur Pendeteksi Dehidrasi

Nissan Kembangkan Sensor Pendeteksi Dehidrasi – Baru-baru ini Nissan sedang giat mengembangkan berbagai fitur terbaru yang akan melengkapi produksi mobil terbarunya. Fitur tersebut antara lain sensor untuk membantu parkir, menjaga jarak di jalan raya, mengenali seseorang ada di kursi atau tidak,  apakah pengendara mengenakan sabuk pengaman, dan sebagainya.

Nissan Kembangkan Sensor Pendeteksi Dehidrasi

Fitur-fitur ini tentunya untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi konsumen setianya dan juga untuk menarik perhatian konsumen sehingga angka penjualannya dapat naik. Fitur paling mencolok yang dikembangkannya saat ini adalah fitur pendeteksi dehidrasi, dimana Nissan mengembangkan sensor keringat bagi pendara.

Fitur ini dilatar belakangi dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh European Hydration Institute dan Laoughborough University di Inggris, yang menyebutkan bahwa pengendara yang mengalami dehidrasi yang tinggi memiliki resiko kecelakaan yang setara dengan orang yang meminum alkohol dengan kadar 0,08. Dengan adanya penelitian tersebut, Nissan ingin memberikan perlindungan keamanan bagi pengendara mobil produksinya.

Dilansir dari BBC, sensor keringat bagi pengendara tersebut merupakan sensor yang tak biasa dan kinerjanya akan menentukan apakah pengendara mengalami dehidrasi atau tidak. Sensor yang terletak di belakang jok tersebut akan berubah warna jika pengendara mengelami dehidrasi.

Sejauh ini Nissan telah bekerjasama dengan perusahaan desain asal Belanda yakni Droog, untuk mengembangkan sensor ini. Sensor tersebut kabarnya menggunakan teknologi kain yang bisa berubah warna jika pengendara mengalami dehidrasi. Kain tersebut dilapisi bahan yang disebut SOAK.

Kain yang berada di jok dan setir tersebut pada awalnya akan berwarna biru, tetapi bila pengendara sudah mengeluarkan banyak keringat, maka kain itu akan berubah warna tergantung tingkatan dehidrasi pengendara. Kabarnya, jika pengendara mengalami dehidrasi maka warna kain akan berwarna kuning. Jika pengendara minum air maka kain tersebut akan berubah warna menjadi warna biru kembali.

Sistem itu bekerja dengan teknologi SOAK yang telah diaplikasikan dalam prototipe Nissan Juke. Dengan adanya sensor pembaca dehidrasi ini, tentunya pengendara tak akan lupa untuk menyempatkan minum jika sensor sudah berearna di kuning baik di jok maupun di kemudi.

Top