Indonesia Mau Gelar Balapan Formula E?

Gelaran Balap Formula E – Rio Haryanto yang notabene salah satu pembalap berprestasi dari Indonesia, baru-baru ini dikabarkan akan kembali lagi ke ajang balap internasional.  Berbeda dengan ajang yang sebelumnya diikuti, Rio dikabarkan akan beralih ke ajang balapan Formula E. Formula E sendiri merupakan ajang balap mobil bertenaga listrik yang terbilang cukup menarik. Berbicara mengenai Formula E, kabarnya Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah dalam ajang tersebut.

Gelaran Balap Formula E

Informasi ini Mas Sena lansir dari KompasOtomotif, di mana Ikatan Motor Indonesia (IMI) siap membawa ajang balam mobil listrik internasional tersebut mampir ke Tanah Air. Berbicara balapan, tentu erat kaitannya dengan sirkuit yang menjadi lintasan pada sebuah ajang balapan. Seperti diketahui, Indonesia saat ini memang belum memiliki sirkuit yang representatif untuk menggelar balap sekelas Formula. Lalu di mana kira-kira ajang tersebut akan digelar?

Sekertaris Jendral IMI Jeffrey JP mengatakan jika promotor Formula E menginginkan jika balap mobil Formula E tersebut digelar di Jakarta dengan tipe sirkuit jalan raya. Hal tersebut pun sejalan dengan ide awal dari IMI yang juga berniat menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah. “Kalau F1 itu kan kita harus membangun sirkuit dulu, nah kalau Formula E itu balapan jalan raya. Mereka minta Jakarta, itu yang mesti kita pikirkan,” ucap Jeffrey yang Mas Sena lansir dari KompasOtomotif. Sirkuit jalan raya sendiri memang sudah tidak asing lagi di ajang balap Formula. Di mana, seperti yang diketahui ajang Formula 1 pun kerap menggunakan sirkuit jenis ini ketika digelar di beberapa negara yang tidak memiliki sirkuit permanen seperti Singapura dan Monako.

Di sisi lain, opsi lain selain Jakarta untuk menjadi lokasi balapan tersebut adalah sirkuit di kawana BSD City, Tangerang. Di mana, sirkuit non permanen tersebut memang diketahui kerap digunakan untuk menggelar even-even balap baik nasional maupun internasional. Sirkuit tersebut pun telah memiliki sertifikasi FIA Grade 3 sehingga kualitasnya memang cukup baik.

Meskipun sudah ada beberapa pilihan untuk menggelar ajang tersebut, namun Jeffrey mengatakan jika pembahasan mengenai hal tersebut masih akan terus dikaji. Dirinya juga kembali mengungkapkan jika promotor Formula E memang lebih memilih penyelenggaraan di ibu kota negara agar sesuai dengan konsep balapan ramah lingkungan.

Top