Honda Accord Terbaru Gunakan Mesin Turbo

Honda Accord Terbaru Kini Gunakan Mesin Turbo – Setelah generasi kesepuluhnya muncul di Amerika Serikat, tampaknya sudah waktunya Honda Accord mengubah penampilannya dengan model terbaru setelah produk terbaik brand Honda tersebut memiliki siklus hidup yang sudah cukup lama.

Honda Accord Terbaru Kini Gunakan Mesin Turbo

 

Kabarnya Honda Accord yang diluncurkan pada tahun 2018 mendatang tersebut, akan berubah total, tidak hanya dari segi fisik saja, namun juga jantung mekanis sampai dengan sasisnya. Accord terbaru ini akan menggunakan platform baru dengan struktur unibody yang lebih rigid, rendah, lebar, dan lebih ringan tentunya. Perubahan konstruksi Accord tersebut lebih diarahkan pada pengalaman berkendara sporty.

Dari konstruksi penyempurnaan tersebut, sedan full size terbaru tersebut akan menggunakan tiga tipe mesin, setidaknya untuk pasar di AS, yakni salah satunya mesin turbo, dengan transmisi otomatis 10-percepatan dan sistem hybrid generasi ketiga milik Honda.

Mesin turbo tersebut pada awalnya sudah digunakan oleh Honda Indonesia, yang diawali dengan Civic Turbo dan kemudian CR-V. Untuk Accord terbaru ini, Honda membekali sedan tersebut dengan mesin 4 silinder plus turbocharger. Pengganti mesin V6 yang biasa disematkan pada Accord, diganti dengan unit 4 silinder segaris berkapasitas 2 liter direct-injection turbo dengan VTEC dan dual VTC.

Mesin 1,5 liter turbo ini memiliki basis yang sama dengan Civic Type R, hanya saja boost turbo diset lebih kecil, begitu pula tenaganya sehingga tenaga dapat turun tetapi torsi bertambah, yakni mesin tersebut menjadi 252 dk dengan torsi 370 Nm. Performa Accord ini lebih banyak kesamaan dengan CR-V, meskipun lebih besar sedikit yakni mempunyai tenaga 192 hp (195 PS) dan torsi 260 Nm. Selain itu, Accord terbaru ini juga memakai transmisi CVT dengan Earth Dreams Techbology.

Di pasar AS, Accord terbaru ini juga akan tersedia dalam tipe Accord Hybrid,  yang menggunakan mesin siklus Atkonson 2.0 liter yang dikombinasikan dengan dua motor listrik, yaitu lebih efisien 40% dibandingkan mesin turbo. Honda Accord Hybrid ini merupakan pesaing serius Toyota Camry.

Honda Accord terbaru ini kabarnya akan dikirim ke konsumen pada bulan November mendatang untuk pasar AS. Sedangkan untuk pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia, belum dikatahui kapan sedan terbaik Honda tersebut akan dipasarkan. Kemungkinan besar tahun depan. Kita tunggu saja nanti!

 

Top