Jualan Turun, Mirage Pindah Segmen?

Penjualan Mirage Turun – Kehadiran mobil LCGC yang memiliki harga terbilang murah mmang cukup berpengaruh pada mobil-mobil lain khususnya city car. Ya, bentuknya yang sama-sama mungil namun dengan perbedaan harga yang cukup menarik memang membuat banyak konsumen lebih memilih LCGC. Bahkan, semenjak kemunculan LCGC pada tahun 2013 yang lalu, penjualan segmen city car tidak terlalu baik dan cenderung jalan di tempat.

Penjualan Mirage Turun

Mitsubishi Mirage adalah salah satu yang terdampak dari munculnya mobil murah LCGC tersebut. Bahkan akhri-akhir ini atau tepatnya pada kurun waktu dari Januari-Agustus 2017 penjualan Mitsubishi Mirage ini turun hingga 37,06 % dibanding periode yang sama tahun lalu. Namun meskipun demikian, Mitsubishi tidak berniat untuk memindahkan Mirage ke segmen LCGC untuk mendorong penjualannya. “Soal itu, sampai saat ini belum ada rencana,” ujar Irwan Kuncoro, Director for Sales and Marketing Division Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang Mas Sena lansir dari KompaOtomotif.

Pihaknya juga mengaku pasrah dengan apa yang terjadi pada Mirage saat ini. Terlebih saat munculnya LCGC dengan model kursi tiga baris yang kian membuatnya terjepit dan loyo dalam penjualan. Saat Pemerintah pertama kali meluncurkan program mobil LCGC Mitsubishi sebenarnya sempat antusias untuk dapat berpartisipasi di dalamnya. Namun rencana tersebut urung dilakukannya karena regulasinya yang dinilai belum jelas.

Mirage sendiri ditawarkan dalam tiga varian yakni Exceed, GLS dan GLX. Di mana ketiga varian tersebut menggendong mesin 1.2 liter dengan transmisi manual dan otomatis. Sementara itu, untuk harganya Mirage memang memiliki rentang harga yang cukup tinggi. Untuk yang termurah saja Mirage dibanderol dengan angka Rp 173 jutaan sementara untuk varian tertinggi yakni Exceed, Mirage dibanderol dengan angka Rp 197,5 juta.

Kisaran harga dari Mitsubishi Mirage tersebut tentu berbanding jauh dengan harga LCGC yang memiliki rentang harga termurah Rp 90 jutaan hingga Rp 150 jutaan. Padahal, desain dan spesifikasi yang dibawanya tidak jauh beda. Yang pasti langkah Mitsubishi yang tidak mau memasukan Mirage ke dalam segmen LCGC tentu memiliki alasan tersendiri yang telah dipertimbangkan.

Top