Meski Murah, Kwid Kalah Saing dengan LCGC

Kwid Kalah Saing dengan LGCD – Dijual dengan harga yang murah, yaitu Rp. 119,6 juta on the road DKI Jakarta, kwid merupakan mobil lansiran Renault yang termurah. Apalagi jika dibandingkan dengan keluaran Renault lainnya seperti Koleos, Duster, Clio dan Megane RS yang dibanderol dari harga Rp. 275 juta hingga Rp. 495 juta.

Kwid Kalah Saing Dengan LGCD

Meski mobil keluaran produsen asal Perancis ini dijual dengan harga yang murah, Kwid masih kalah saing dengan mobil murah (low cost green car/LCGC), seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Datsun Go, dan Suzuki Karimun Wagon R.

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari hingga Agustus 2017, Kwid hanya terjual 123 unit. Penjualan paling banyak berada di bulan Mei dimana penjualan mobil tersebut sejumlah 64 unit. Sedangkan untuk bulan-bulan lainnya hanya terjual belasan unit. Bahkan pada bulan Maret, April, dan Juni tidak ada distribusi mobil yang diimpor utuh dari India itu ke diler di Indonesia.

Dilansir dari OtomotifKompas, Sales Marketing Division Head Renault Indonesia kabarnya belum menginformasikan dimana paling banyak populasi Kwid terbanyak di Indonesia. jika dibandingkan dengan LGCD terkait harganya, perbedaan harga Kwid ini tidak jauh berbeda. Karimun paling murah dijual dengan harga Rp. 117,8 juta, Datsun mulai Rp. 114,4 juta, Ayla Rp. 92,55 juta, dan Agya Rp. 132 juta.

Jika kita melihat pasar, tentunya masyarakat lebih memilih mobil murah. Berdasarkan data dari Gaikindo, distribusi dari pabrik ke diler periode bulan Januari hingga Agustus 2017, total penjualan mobil murah termasuk mobil 7-seater tercatat 162.141 unit. Jika dijabarkan, secara detail masing-masing merek seperti Honda Brio Satya terjual 26.946 unit, Agya terjual 22.946 unit, Ayla 21.382 unit, Go dan Go+ 6.920 unit, dan Wagon R 3.732 unit.

Mobil-mobil murah yang banyak laku tersebut, jika kita perhatikan penjualannya  dipengaruhi oleh keberadaan diler dan bengkel. Semua merek jepang yang memproduksi mobil murah, tak dapat dipungkiri jaringan penjualan serta servis sangat banyak sehingga masyarakat tidak perlu mencari diler di luar kota misalnya.

sementara, sejauh ini Renault tidak mempunyai banyak diler dan bengkel seperti mobil murah merek lainnya. Diler Renault hanya tersedia di Medan, Pekanbaru, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan dan Sulawesi.

Top