Ini Bedanya Hatchback dan City Car

Perbedaan Hatchback dan City Car – Mungkin banyak diantara kawan-kawan yang masih bingung untuk membedakan antara mobil berjenis hatchback dan city car. Sekilas kedua tipe mobil tersebut memang sama dan hapir terlihat tidak berbeda. Lalu apa ya yang membuat keduanya berbeda? Dan apa yang membuat sebuah mobil dapat dikategorikan ke dalam hatchback atau city car? Pada dasarnya, kedua mobil tersebut memang sama-sama memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan mobil MPV.

Perbedaan Hatchback Dan City Car

Dilansir dari KompasOtomotif, Styling Design Section C&A Planning and Design Department Product Planning and Development Division Toyota Astra Motor (TAM) Akbar Juniarto pun angkat bicara mengenai hal tersebut. Dirinya mengungkap jika di Indonesia memang tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang masih belum bisa membedakan antara hatchback dan city car. “Untuk Indonesia memang masih sedikit rancu soal pengklasifikasian jenis mobil, mungkin karena model dan mereknya cukup banyak. Paling dasar yang membedakan city car dan hatchback itu soal dimensi sebenarnya,” kata Akbar seperti Mas Sena kutip dari KopasOtomotif.

Dirinya juga menambahkan, pada dasarnya baik hatchback ataupun city car keduanya sama-sama memiliki kapasitas penumpang empat hingga lima orang. Namun jika menilik pada kelapangan kabinnya, hatchback disebut-sebut lebih luas jika dibandingkan dengan city car. Pasalnya, city car memang dibuat dengan dimensi yang lebih kecil untuk menyesuaikan kondisi dan fungsinya sebagai mobil perkotaan dengan kepadatan jalan.

Selain itu, dari eksterior antara hatchback dan city car juga sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Di mana, dimensi hatchbak memang memiliki ukuran yang lebih besar karena desainnya memang pengembangan dari sedan. Selain itu, kapasitas mesin dari city car juga cenderung lebih kecil dari hatchback yang memang biasanya mengandalkan power. “Sebenarnya banyak hal (yang bikin beda), selain dimensi biasanya mobil city car itu kapasitas mesin lebih rendah dari hatchback. Kalau hatchback ada yang 1.4L ada yang 1.5L, city car di bawahnya,” tambahnya.

Di sisi lain, mobil hatchback dan city car juga memiliki segmennya masing-masing. Seperti yang dapat kita lihat di Jepang. Di sana pamor mobil kota lebih dominan jika dibanding dengan hatchback. Sementara itu, di Eropa pamor hatchback justru lebih tinggi dari city car.

Top