Terkendala Regulasi, BMW Enggan Bawa Mobil Hybrid Ke Indonesia

BMW Masih Pertimbangkan Bawa SUV Hybrid Ke Indonesia – Siapa sangka, saat ini mobil bermesin hybrid menjadi salah satu hal yang cukup banyak diminati masyarakat Indonesia. Bahkan, beberapa waktu lalu, BMW Group Indonesia pun juga pernah memperkenalkan sport utility vehicle (SUV) BMW X5 hybrid di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Namun, sangat disayangkan sampai saat ini belum ada rencana dari BMW untuk memasarkannya di Indonesia. Bukan tanpa alasan mengingat belum adanya regulasi yang mengatur soal mobil hybrid, dan butuh banyak tahapan yang harus dilalui sebelum resmi menjualnya ke konsumen.

BMW Masih Pertimbangkan Bawa SUV Hybrid Ke Indonesia

“Kita perlu beberapa tahapan agar kendaraan ini akhirnya bisa dipasarkan di Indonesia. Mulai dari aftersales, teknisi kemudian juga kebutuhan dari konsumen di Indonesia, karena kalau kita bicara dari segi harga berbeda dari mobil yang menggunakan mesin konvensional. Kemudian belum ada regulasi yang berkaitan dengan pajak dan benefit untuk konsumen,” ujar Head of Corporate Communications BMW Group Indonesia yang dijabat oleh Jodie O’Tania beberapa waktu lalu.

Melihat hal tersebut, tentu saja akan sangat berbeda dengan i8 yang sudah lebih dulu dipasarkan di Indonesia beberapa waktu lalu. Di mana, dalam hal ini menurut Jodie sendiri pasar dari seri X5 sendiri sangat kecil sehingga sangat bergantung sekali pada regulasi dari pemerintah.

“Karena positioning dari kendaraan, kalau i8 itu sports car segmennya sangat niche di mana mereka yang menginginkan sports car yang belum pernah ada sebelumnya. Dia (i8) sports car yang ramah lingkungan. Sedangkan X5 kita sudah memiliki X5 yang dibuat secara lokal. Jadi kalau bicara tahapan harga dan kebutuhan konsumen sudah ada di Indonesia ya X5 sudah ada, tapi sangat kecil pasarnya. Jadi kita membutuhkan adanya regulasi yang memberikan keuntungan secara monetary kepada konsumen sehingga mereka bisa melihat harga jual sesuai dengan apa yang mereka dapatkan,” tegas Jodie.

Di sisi lain, perlu diketahui bahwa BMW X5xDrive40e akan dipersenjatai dengan mesin empat silinder berkapasitas 2,0 liter yang sudah dilengkapi dengan kombinasi motor listrik eDrive. Mobil tipe SUV buatan BMW bermesin hybrid ini pun diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam 6,8 detik dengan kecepatan maksimum 210 kilometer per jam.

Top