Benarkah Toyota Akan Discontinue Etios ?

Toyota Belum Niat Discontinue Etios – Berdasarkan data wholesales Gabungan industri kendaraan Bermootr Indonesia (Gaikindo), penjualan Toyota Etios di Indonesia terus menyusut. Sepanjang tahun ini yaitu antara rentang bulan Januari hingga September, Toyota Etios tersebut hanya terjual 612 unit.

Toyota Belum Niat Discontinue Etios

Dari data tersebut, sangat jelas bahwa penjualan Etios menurun drastis dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Tahun lalu, terhitung dari Januari hingga September 2016, penjualan mobil kota (city car) besutan Toyota tersebut tembus angka 3.009 unit. Kabarnya, penurunan tersebut dikarenakan permintaan dari pasar setiap bulannya terus berkurang.  Bahkan, volume produksi pun hanya kurang dari 100 unit per bulan untuk sekarang ini.

Dari rumor yang beredar, tersirat kabar kalau Toyota ingin menghentikan produksi dan penjualan Etios, namun sampai sekarang pihak Toyota masih tetap menjual mobil mungil tersebut. Dilansir dari laman KompasOtomotif, Executive General Manager Marketing Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, menyatakan jika pihaknya tidak ingin mobil tersebut distop penjualannya karena permintaannya masih ada.

Dijelaskan lebih lanjut, Soerjo mengungkapkan, untuk tetap mendapatkan perhatian dari konsumen, tidak menutup kemungkinan jika pihaknya akan melakukan penyegaran di lain waktu. Akan tetapi dirinya tidak bisa menjelaskan kapan Etios akan mengalami perubahan tampilan. Diutarakannya, pihaknya akan menyiapkan penyegaran di semua model, hanya saja untuk waktunya belum tahu kapan.

Beberapa tenaga penjual diler Toyota di DKI Jakarta, ketika ditanyai apakah mobil kota itu masih ada atau tidak, mereka menjawab bahwa mobil Etios itu masih dijual, namun peminatnya sangat kecil dibandingkan dengan model lainnya.

Dikatakannya, untuk pemberian diskon bagi konsumen agar tertarik dengan Etios, para tenaga di diler tersebut mengungkapkan jika pihaknya sudah menyiapkan diskon bagi konsumen yang tertarik dengan mobil tersebut. Salah satunya, yaitu promo sepanjang bulan Oktober ini dimana pihaknya memberikan potongan sebesar Rp. 20 juta bagi calon pembeli.

Untuk mendapatkan mobil mungil besutan Toyota tersebut, pihak diler juga mengatakan bahwa jika ada konsumen yang berminat untuk membeli mobil tersebut, pembeli tak perlu inden untuk mendapatkan mobil tersebut, baik tunai maupun kredit.

 

Top