Honda Belum Putuskan Gunakan Hibrida Atau Listrik

Honda Hibrida atau Listrik di Indonesia – Sepertinya mobil dengan transmisi hibrida atau listri sedang digerakkan saat ini, hal ini diperjelas dengan Program Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) yang dikabarkan akan dirilis dalam waktu dekat. Program tersebut merupakan peraturan yang dibuat untuk menciptakan lingkungan yang bersih selain itu banyaknya emisi yang digunakan pada mobil.

Honda Hibrida Atau Listrik Di Indonesia

Dengan menekankan mobil bertenaga yang ramah lingkungan diharapkan akan pabrikan otomotif menerapkan kembali mobil yang akan diluncurkan. Merek mobil yang menggunakan program ini akan mendapatkan pembebasan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM). Peraturan tersebut hanya berlaku pada mobil yang sudah menerapkan teknologi bahan bakar seperti hibrida, hidrogen, biofuel dan listrik.

Mobil yang ramah lingkungan memang sudah mulai diterapkan oleh beberapa pabrikan otomotif di dunia seperti Toyota, Nissan dll. Namun berbeda dengan pabrikan asal Jepang yaitu Honda Indonesia yang belum mengambil keputusan mengenai teknologi mesin yang akan digunakan.

Berdasarkan Jonfis Fancy selaku Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM mengatakan bahwa belum memiliki penjelasan secara pasti akan dibawa Honda kedepannya. Dalam artian, Honda belum memutuskan untuk menggunakan teknologi gas hybrida atau listrik. Menurutnya, untuk  memutuskan penggunaan teknologi tersebut harus melalui berbagai pertimbangan dan tidak hanya mengenai intensif.

Jika menggunakan listrik, Jonfis masih mempertimbangkan jangka panjang mengenai limbah baterai, infrastruktur hingga ke ranah investasi. Menurutnya hal tersebut perlu dipikirkan kembali mengingat akan berpengaruh kepada perkembangan Honda di masa depan.

Sebagai informasi bahwa Honda sudah menerapkan teknologi hybrid di mobil besutannya yaitu CR-Z. Mobil tersebut berkapasitas 2 penumpang yang desain unggulan mulai dari front grill, bumper, fog lamo rear combination lamp yang tampak lebih sporty. Selain itu, mobil teknologi hybrid tersebut menggunakan mesin 1.5L 4 silider SOHC.

Jika melihat mobil yang telah diluncurkan dengan teknologi hybrid tersebut belum tentu Honda akan seluruhnya menghadirkan mobil besutannya dengan teknologi hybrid tersebut. Hal ini belum dipastikan karena pihak Honda Indonesia sampai saat ini belum memberikan informasi secara pasti mengenai teknologi mesin yang akan digunakan.

 

Top