Sienta Berteknologi Hybrid Tanah Air Tidak Sama Dengan Negeri Sakura

Toyota Sienta Hybrid – PT. Toyota Motor Manufakturing Indonesia (TMMIN) sudah mulai merakit mobil terbarunya, Toyota Sienta. Dikabarkan bahwa mobil tersebut sudah mulai diujicobakan, walaupun belum diketahui informasi secara detail namun santer berita yang beredar bahwa mobil hibrida Toyota Indonesia berbeda dengan spesifikasi versi Jepang.

Toyota Sienta Hybrid

Sebelumnya, Toyota Astar Motor (TAM) menyatakan ketertarikan untuk membawa mobil Toyota Sienta Hybrida ke tanah air jika mendapatkan insentif pemerintah agar bisa menekan harga jual. Peluang dijualnya di Indonesia juga cukup besar karena pemerintah saat ini sedang menerapkan program Low Carbon Emmision Vehicle (LCEV) yang bertujuan untuk mengatur produksi mobil ramah lingkungan seperti hibrida, hidrogen maupun listrik.

Seperti yang telah diketahui bahwa mobil hibrida yang dijual di Indonesia dibebani pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 12% dan Peraturan Menteri Keuangan tentang Bea Masuk Barang Impor sebesar 50%. Namun pada akhirnya, Toyota akan meluncurkan Sienta hibrida yang saat ini sudah diujicobakan di jalan tersebut.

Seperti sebelumnya, Toyota bermesin bensin juga memiliki perbedaan di beberapa sektor dengan mobil versi Jepangnya. Hal ini dilakukan karena menyesuaikan dengan pasar dan kondisi jalan di Indonesia. Dengan penyesuaian tersebut bisa memberikan kenyamanan kepada pengguna mobil di Indonesia dalam menjalankan mobil tersebut.

Berdasarkan informasi Mas Sena dapatkan dari KompasOtomotif bahwa menurut Direktur Teknikal TMMIN Yui Hastoro mengatakan untuk yang bisa dibocorkan saat ini hanya mengenai penempatan baterai dan juga ground clearance.

Dikabarkan bahwa jarak bawah dengan tanah hampir sama dengan Sienta bermesin bensin, hal ini dikarenakan alasan kondisi jalan di Indonesia yang kurang bagus daripada negara lainnya seperti Jepang. Rumor yang beredar bahwa mobil Sienta hibrida tersebut akan diproduksi bersamaan dengan mobil versi mesin bensinnya.

Sampai saat ini belum ada keterangan informasi spesifikasi lebih jelasnya dari Toyota Indonesia. Namun, dikabarkan bahwa Toyota Sienta hibrida tersebut akan dijual setelah LCEV sudah mulai diterbitkan. Sehingga bisa menyesuaikan harga jual yang ditentukan dari pajak pemerintah.

Pihak Toyota Indonesia pun sampai saat ini juga belum berani memberitahukan spesifikasi baik mesin atau desain secara detail. Untuk informasi selanjutnya kamu bisa menantikan kabar selanjutnya.

 

 

 

 

Top