Ternyata Ini Alasan Polisi “Ngumpet” Waktu Mau Nilang

Penegakan Aturan Lalu Lintas – Bagi kawan-kawan yang memiliki surat-surat berkendara lengkap mungkin menjadi hal yang biasa ketika ada razia Polisi di jalan raya. Namun, mungkin tidak jarang juga kawan-kawan yang ketar-ketir ketika ada razia lalu lintas di jalan raya karena tidak memiliki kelengkapan berkendara. Apalagi, terkadang meskipun sudah berusaha menghindar namun tetap saja tidak bisa.

Penegakan Aturan Lalu Lintas

Polisi memang memiliki berbagai cara untuk dapat menegakan peraturan lalu lintas. Selain tilang elektronik yang baru-baru ini diterapkan, sistem tilang konvensional melalui razia surat-surat berkendara pun juga masih kerap dilakukan. Sering kali, ketika akan melakukan penindakan pada saat razia, tidak jarang ada beberapa polantas yang melakukan trik ngumpet. Di mana, mereka sengaja bersembunyi agar tidak diketahui keberadaannya oleh target.

Nah, rupanya hal tersebut memang dilakukan bukan tanpa alasan. Pasalnya seperti yang kita tahu, pelanggar lalu lintas di Indonesia memang terbilang cukup “bandel” sehingga Polisipun menggunakan berbagai cara untuk menindak. Seperti yang dikatakan oleh DikPen Dikmas Lantas, Korlantas Polri AKBP Yus Nurjaman yang Mas Sena lansir dari Detik Oto. Di mana dirinya mengatakan jika hal tersebut dilakukan untuk membuat jera para pelanggar. “Kalau kita khusus kalau trik itu kan untuk pengendara yang bandel, sudah kita ingatkan tapi nggak jera-jera juga,” ujarnya.

Namun demikian, menurutnya Polisi justru malah sering disalahkan ketika menggunakan trik bersembunyi tersebut. Alasannya karena Polisi dianggap mencari-cari kesalahan pengendara. Padahal, jika memang pengendara tidak merasa bersalah dan tidak melanggar tentu tidak akan merasa terganggu. “Maksudnya ya biar jera, mungkin dari masyarakat juga perlu disiplin, misalnya lengkap surat-surat kendaraannya, terus kalau lampu merah ada nggak ada polisi ya berhenti,”tuturnya.

Memang, seperti yang kita ketahui saat ini masih banyak para pengendara yang masih belum menyadar pentingnya mematuhi aturan lalu lintas. Banyak dari pengendara kendaraan bermotor di jalan raya hanya akan mematuhi peraturan lalu lintas ketika ada petugas. Namun, ketika jalanan tidak di awasi, tidak jarang para pengendara “seenaknya” dalam berkendara di jalan raya.

Top