Tergilas Matik, Bebek Honda Belum Akan Pensiun

Tren Motor Bebek – Saat ini, sepeda motor matik memang lebih diminati jika dibandingkan dengan motor bebek. Tak heran banyak pabrikan yang akhirnya menghentikan produksi motor bebeknya dan fokus terhadap segmen motor matik. Bukan tanpa alasan, motor matik memang dianggap lebih praktis karena tidak perlu untuk mengganti gear. Selain itu, banyaknya pilihan yang tersedia dari motor matik juga menjadi alasan lain jenis motor ini banyak diminati.

Tren Motor Bebek

Namun, meskipun demikian Honda rupanya masih tetap yakni terhadap motor bebeknya. PT AHM bahkan tidak akan menghentikan penjualan motor bebeknya meskipun diketahui permintaannya terus menurun. Seperti yang dikatakan Agustinus Indraputra, GM Marketing Planning dan Analysis PT AHM yang mengungkap jika Honda masih akan tetap optimis dengan motor bebeknya. “Kalau sekarang kita jalan terus, trennya turun tetapi masih cukup bagus jualan bebek kami,” ujarnya yang Mas Sena lansir dari Kompasotomotif.

Di sisi lain, meskipun tidak terlalu bagus jika dibandingkan dengan segmen matik, motor bebek Honda masih memiliki penjualan yang bagus beberapa daerah. Di mana, di wilayah Sumatera dan Kalimantan motor bebek masih cukup diminati. “Kalau dibandingkan dengan Pulau Jawa, kedua wilayah itu jelas paling besar apalagi dengan daerah lainnya,” ucap Indra.

Di sisi lain, meskipun terjadi penurunan setiap tahunnya, motor bebek menurutnya akan tetap diminati konsumen. Meskipun dirinyatidak mengetahui sampai kapan motor bebek akan mampu bertahan melawan kedigdayaan motor matik. “Kita belum tahu akan sampai kapan motor bebek itu bertahan, pada akhirnya konsumen sendiri yang menentukan,” kata Indraputra.

Honda sendiri menjadi salah satu pabrikan yang masih mempertahankan beberapa motor bebeknya yang telah cukup lama diluncurkan. Diantaranya adalah Revo, Blade, hingga Supra yang diketahui memang telah cukup lama diluncurkan oleh Honda. Bahkan berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia ( AISI), sepanjang tahun ini (Januari-September), Honda mampu menjual motor bebeknya tidak kurang dari 261.346 unit. Bahkan Honda Supra X 125 CW berhasil menjadi motor bebek paling laris dengan penjualan 79.350 unit untuk periode Januari hingga September 2017.

Top