Baidu Mulai Memasuki Ranah Otomotif, Mulai Hadirkan Bus Swakemudi

Baidu Kembangkan Bus Swakemudi – Diantaranya kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan Baidu. Ya, perusahaan raksasa internet Cina ini dikabarkan akan mengepakkan saya ke dunia otomotif denganĀ  menghadirkan bus swakemudi. Yang mana, bus ini akan mulai beroperasi tahun depan.

Baidu Kembangkan Bus Swakemudi1

Bus dari Baidu tersebut dikabarkan akan diperuntukkan publik dan bahkan untuk menciptakan bus umum tersebut, Baidu sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan mobil.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa banyak produsen otomotif bahkan Google telah bereksperimen untuk menciptakan mobil swakemudi yang bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan yang sering terjadi. Seperti halnya Apple yang telah mengujicobakan mobil swakemudinya di California. Selain itu, Tesla juga telah mempertunjukkan mobil buatannya di jalanan.

Begitu pula dengan Baidu yang tidak mau kalah mengembangkan bus swakemudi dengan fitur yang canggih. Kepala eksekutif Baidu yaitu Robin Li mengataka bahwa platform yang akan digunakan pada mobil swakemudi tersebut dipasangkan perangkat lunak yang dinamakan Apollo. Rencananya, perangkat lunak tersebut sudah mulai digunakan pada tahun 2021. Dan Baidu juga berencana akan mengembangkan semi swakemudi dua tahun kemudian. Perangkat lunak, Apollo tersebut akan memberikan sentuhan navigasi, selain itu juga dilengkapi dengan berbagai fitur hiburan yang telah disediakan oleh Baidu untuk kenyamanan penumpang selama menaiki bus tersebut.

Baidu pun sudah memikirkan proyek ini dengan matang-matang yang mana sudah meginvestasikan biaya sebanyak 1,5 miliar dolar AS untuk mengembangkan proyek tersebut selama tiga tahun kedepan. Hal ini dilakukan karena Baidu tidak ingin kalah saing dengan perusahaan lain seperti Google. Seperti yang telah kita ketahui bahwa mesin pencari di Cina lebih dikenal Baidu daripada Google maka dari itu Baidu selalu mengembangkan proyek yang mampu bersaing dengan perusahaan lain.

Sayangnya, beberapa waktu yang lalu Baidu sempat diterjang iklan palsu sehingga membuat perusahaan tersebut rugi dalam angka yang cukup banyak. Namun, untuk pengembangan proyek tersebut, Baidu sudah merasa yakin. Untuk kehadiran bus swakemudi dari Baidu, kita nantikan tahun depan namun sepertinya akan mengalami penundaan mengingat masalah yang sedang menerpa Baidu.

Top