Bemo “Si Doel” Mejeng di Tokyo Motor Show

Daihatsu Lahirkan Kembali Bemo – Bagi masyarakat Indonesia atau Jakarta khususnya tentu sudah tidak asing lagi dengan kendaraan roda tiga dengan lampu membulat yang kerap digunakan Mandra dalam serial Si Doel Anak Sekolahan. Ya, kendaraan tersebut biasa di sebut dengan bemo. Meskipun kepopuleran bemo saat ini kian menyusut, namun kendaraan legendaris yang satu ini memang tidak lekang dari ingatan masyarakat Indonesia.

Daihatsu Lahirkan Kembali Bemo

Di Jakarta, bemo pertama kali mengaspal ketika ajang olahraga Ganefo yang kala itu digelar di Jakarta. Nama bemo sendiri merupakan singkatan dari becak motor. Saat ini, posisi bemo semakin terdesak dengan munculnya berbagai transportasi baru yang jauh lebih modern. Nah, pada ajang Tokyo Motor Show 2017 ini, Daihatsu yang notabene merupakan pabrikan yang membuat bemo memajang kendaraan roda tiga tersebut.

Bemo memang tidak hanya digunakan di Indonesia, melainkan di Jepang pula. Di negeri matahari terbit itu, kendaraan ini disebut dengan midget. Di Jepang, bemo pertama kali diperkenalkan pada tahun 1952 yang kala itu cukup laris di pasaran.wujud bemo yang di pamerkan oleh daihatsu di ajang TMS 2017 ini masih terlihat kinclong dan mulus.

Di sisi lain, meskipun Daihatsu telah menyuntik mati bemo lawas dengan roda tiga tersebut, namun pabrikan tersebut nampaknya berusaha melahirkannya kembali dengan tampilan yang berbeda namun masih dengan konsep yang sama. Di mana, bemo yang membawa filosofi utilitas dan skalabilitas (kemudahan penggunaan) berusaha dilahirkan kembali sebagai mobil masa depan bernama DN Pro Cargo.

Dari tampilannya bemo masa depan ini memang jauh berbeda dengan bemo yang kita kenal. Meskipun ukurannya sama-sama mungil, namun DN Pro Cargo tidak lagi menggunakan roda tiga. Namun demikian jika kita perhatikan lebih jeli, desain yang dibawa DN Pro Cargo tetap tidak melupakan desain bemo lawas dengan lampu depan yang tampak membulat. Di sisi lain, sebagai kendaraan konsep masa depan, DN Pro Cargo juga telah menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Hingga saat ini masih belum diketahui spesifikasi detail dari bemo reborn tersebut.

Top