Diluncurkan di Jepang, Honda PCX Bakal Dirakit Lokal

Siap Dirakit Secara Lokal, Honda PCX Bakal Lebih Murah – Peluncuran beberapa produk baru dari jajaran produk skutik Honda memang saat ini tengah gencar-gencarnya dilakukan. Hal itu juga bisa dibuktikan atas dasar laporan yang menyebutkan bahwa generasi terbaru Honda PCX belum lama ini kabarnya telah resmi dipamerkan di sebuah ajang bernamaTokyo Motor Show 2017. Skutik premium tersebut khusus pasar Jepang akan segera dimulai dijual pada 2018. Begitu pun Indonesia juga akan menjual model serupa, bahkan ikut dirakit lokal.

Siap Dirakit Secara Lokal, Honda PCX Bakal Lebih Murah

Jika memang skuter matik kelas premium itu diproduksi di Tanah Air maka secara otomatis harganya nanti bisa jauh lebih murah ketimbang ekspor. Nah, terkait dengan harga, untuk model sekarang saja yang dijual di Indonesia, ekspor dari Vietnam, dan dibanderol Rp 40 jutaan. Tentu saja, dipastikan banderolnya akan lebih rendah ketika diproduksi di Indonesia.

Lantas, berapa harganya jika nanti dirakit dan dijual di pasar roda dua nasional? “Kami belum putuskan mengenai harga, tetapi seharusnya bisa lebih murah karena dirakit di Indonesia,” ucap Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya di Tokyo Big Sight pada Rabu (25/10/2017).

Kaitannya dengan harga, Thomas sendiri memiliki estimasi di mana skutik yang kini punya 2 pilihan mesin berupa mesin listrik dan hybrid itu bisa dibanderol sekitar Rp 30 jutaan. Akan tetapi, sampai saat ini dia tidak bisa menginformasikan berapa harga pastinya. Wajar mengingat untuk sementara ini masih dalam proses studi akhir.

Nah, di sisi lain, apabila memang benar dibanderol di angka itu, Honda PCX jelas akan bersaing ketat dengan pesaing beratnya, yaitu Yamaha NMAX. Skutik gambot garapan pabrik Yamaha itu paling murah dijual Rp 25,7 jutaan sedangkan untuk varian termahal diketahui bakal dijual Rp 28 jutaan.

Di lain sisi, jika melihat prospek produksi skutik buatan Honda yang baru saja dirilis di Negeri Samurai tersebut, kemungkinan besar bakal menjadi salah satu senjata utama pihak Astra Motor dalam bersaing dengan para kompetitornya. Apalagi, sangat dimungkinkan juga bahwa Honda PCX generasi terbaru tersebut juga kabarnya bakal diproduksi secara lokal dengan banderol yang lebih terjangkau.

Top