Siap-siap, Mulai Hari Ini Polisi Gelar Operasi Zebra Besar-besaran Seluruh Indonesia

Operasi Zebra Besar-besaran – Mulai tanggal 1 November 2017 atau hari ini, Polisi Lalulintas di seluruh Indonesia akan melakukan Operasi Zebra besar-besaran di seluruh Indonesia. Operasi Zebra ini rencanannya akan dilaksanakan selama 14 hari sampai tanggal 14 November 2017. Tentu saja, razia ini nantinya akan menyasar para pelanggar peraturan lalulintas baik itu kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Razia ini dilaksanakan sesuai dengan U Nomor 8 Tahun 1981, UU Nomor 2 Tahun 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Serta, UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Operasi Zebra Besar Besaran

Polda Metro Jaya sebagai salah satu yang akan melaksanakan Operasi tersebut pun telah mengkonfirmasi jika nantinya pihaknya akan menyasar beberapa pelanggar khususnya untuk muatan berlebihan dan rambu-rambu tanpa mengesampingkan pelanggaran kasat mata. Menanggapi hal tersebut, Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan jika hal ini dilakukan demi menegakan kesadaran disiplin para pengguna jalan. “Tujun dari operasi adalah dalam rangka membangun kesadaran disiplin berlalu lintas dan menurunkan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas di jalan raya,” ungkapnya.

Kecelakaan yang tidak jarang berakibat fatal memang kerapkali diawali dengan pelanggaran peraturan lalulintas. Di mana, berdasarkan data dari Polda Metro Jaya dari periode Juni hingga Agustus 2017 ini setidaknya telah terjadi 1394 kecelakaan di jalan raya. Dari jumlah tersebut setidaknya ada 137 korban meninggal dunia. “Penyebab kecelakaan lalu lintas dapat diakibatkan oleh beberapa faktor antara lain manusia, kendaraan, jalan dan lingkungan. Faktor manusia menunjukkan angka paling tinggi dengan berbagai modus yang ditampilkan seperti lengah, lelah, mengantuk, tidak tertib dan sebagainya,” kata AKBP Budiyanto.

Tentu saja, bagi kawan-kawan yang akan bepergian menggunakan kendaraan pribadi, alangkah baiknya untuk melengkapi kendaraan dengan surat-surat. Selain itu, yang tak kalah penting juga adalah dengan tidak melanggar peraturan lalulintas yang ada. Karena, seperti yang disampaikan di atas bahwa pelanggaran lalulintas tak hanya akan membuat kawan-kawan terkena tilang namun juga dapat berakibat kecelakaan yang berakibat fatal.

Top