Ingin Hemat BBM? Gunakan Teknik Berkendara dengan Benar

Teknik Berkendara dengan Benar Menghemat BBM – Saat ini walaupun harga minyak dunia menurun yang diikuti oleh harga BBM di Indonesia yang juga menurun pada setiap jenis bahan bakarnya, harus tetap menekankan untuk semua masyarakat diseluruh tanah air agar menggunakan BBM dengan bijak. Karena BBM ini merupakan bahan bakar yang akan habis jika digunakan terus-menerus. Karena dari itu diperlukan perawatan kendaraan secara rutin agar performa dan pembakaran bahan bakar kendaraan tetap stabil yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi hemat. Namun jika kendaraan sudah terawat dan langsung digunakan tanpa menggunakan teknik berkendara yang baik bukan tidak mungkin bahwa konsumsi bahan bakar akan tetap sama borosnya. Karena itu diperlukan teknik berkendara yang tepat dan baik agar dapat menekan konsumsi bahan bakar semaksimal mungkin. Berikut informasi yang Mas Sena sajikan mengenai teknik berkendara yang baik.

Ingin Hemat BBM Gunakan Teknik Berkendara dengan Benar

Pertama yakni biasakan diri untuk tidak menginjak atau menarik gas seenaknya sendiri. Seharusnya injak atau tarik gas dengan lembut dan stabil atau bisa diikuti dengan kenaikan RPM yang pelan-pelan. Usahakan dalam berakselerasi dari posisi diam kekecepatan yang yang diinginkan menggunakan posisi gear yang tepat dan baik. Untuk mobil gantilah posisi gear pada putaran mesin 2.000 hingga 2.500 RPM. Sedangkan untuk motor dapat shift up dikitiran mesin 6.000 hingga 7.000 RPM.

Kedua yakni atur kecepatan kendaraan yang stabil pada kondisi jalanan yang dilewati. Misal dijalanan perkotaan atur kecepatan pada angka 40-60 km/jam. Sedangkan untuk jalanan antar kota ataupun bebas hambatan dapat melaju maksimal 80 km/jam. Jika ingin melakukan deselerasi turunkan gear pada putaran mesin yang rendah karena jika terlalu tinggi akan merusak komponen mesin bahkan akan membuat boros bahan bakar.

Ketiga yaitu selalu berhati-hati dalam mengemudi atau bermanuver dijalanan cukup padat. Karena perubahan kecepatan yang tiba-tiba juga akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar yang ada. Juga selalu berhati-hati dan waspada jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya pengereman mendadak kendaraan lain didepan anda maupun penyebrang yang tiba-tiba muncul.

Dan yang terakhir adalah gunakan rem dengan baik dan benar, usahakan jangan selalu menekan rem terus-terusan. Kecuali untuk keperluan mendadak seperti mengantisipasi hal-hal yang tiba-tiba muncul didepan kendaraan secara mendadak. Semoga teknik berkendara yang Mas Sena sampaikan diatas bermanfaat ya bro dan sis. Baca juga GAC GS4 Siap Menantang Dunia dan Volvo V40 Mesin 3 Silinder.

Top