Recall BMW Besar-Besaran di Amerika

Recall BMW di Amerika – Jika pada pertengahan bulan Oktober lalu Mercedes-Benz me-recall produknya di Amerika, kini giliran BMW yang juga produsen otomotif asal Jerman yang akan me-recall produknya sebanyak 1 juta unit di Amerika Utara. Recall ini pun dikabarkan akan meluas ke negara-negara lainnya pula.

Recall BMW Di Amerika

Dilansir dari laman KompasOtomotif, penarikan tersebut dilakukan karena adanya dua masalah terpisah yang terkait dengan risiko kebakaran di mobil. Penarikan sesi pertama mencakup model BMW Seri 3 lansiran tahun 2006 hingga tahun 2011 sebanyak 670.000 unit.

Berdasarkan kabar yang beredar, penarikan tersebut dilakukan karena terdapat masalah kabel untuk sistem pemanas dan pendingin udara yang kemungkinan bisa menimbulkan overheat dan dapat meningkatkan resiko kebakaran.

Untuk penarikan kedua, yaitu mencakup model 128i, Seri 3, Seri 5, X3, X5, dan Z4 lansiran tahun 2007 hingga tahun 2011 sebanyak 740.000 unit. Jika menilik masalah recall tersebut, dalam hal ini komponen valve heater yang bisa berkarat dan dapat menyebabkan kebakaran pada kasus yang sebenarnya jarang terjadi.

Michael Rebstock selaku juru bicara BMW pun mengungkapkan bahwa penarikan kembali ini mencakup sekitar 1 unit kendaraan, dimana hampir semua unit kendaraan tersebut berada di Amerika Serikat dan sekitar 15.000 di Kanada. Rebstock pun menyebutkan pula bahwa penarikan kembali tersebut kemungkinan dapat diperluas, tidak hanya di Amerika Serikat dan Kanada saja, tetapi juga dapat dilakukan penarikan kembali BMW di negara-negara lainnya.

Ditambahkannya lagi, bahwa pihaknya kini sedang melakukan pemeriksaan apakah untuk melakukan perluasan recall ini ke negara lain atau tidak. Dalam recall tersebut, diler BMW akan mengganti kabel jika diperlukan dan memasang komponen tambahan selama perbaikan. Tentunya dalam hal penarikan kembali ini yang kemudian diler akan memasangi komponen tambahan tersebut, sang pemilik tidak dipungut biaya sepersen pun alias gratis.

Recall ini pun disebut-sebut bakal meluas ke negara-negara lainnya. Tak menutup kemungkinan BMW juga akan melakukan penarikan kembali di Indonesia. Oleh karenanya, pemilik BMW diharapkan untuk menghubungi diler BMW terdekat untuk mendapatkan informasi terkait kabar penarikan kembali tersebut.

Top