Nissan Bantah Discontinue Juke

Nissan Tak Lakukan Discontinue Juke – Setelah sebelumnya muncul kabar yang menyebutkan bahwa Nissan akan men-discontinue atau tidak memproduksi Juke, kali ini juga muncul kabar yang sama. Namun, seperti kabar-kabar sebelumnya, Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen pemegang merek Nissan di Indonesia, lagi-lagi membantahnya.

Nissan Tak Lakukan Discontinue Juke

Seperti yang kita ketahui, Nissan Juke merupakan pelopor definisi crossover dalam dunia otomotif. Namun, meski demikian, masa emasnya tidak berlangsung lama. Berdasarkan data penjualan di pasar besar otomotif dunia, termasuk pasar di Indonesia, penjualan mobil Nissan Juke tersebut menunjukkan tren penurunan.

Melihat perkembangan Nissan Juke di Indonesia, menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), wholesales Juke pada tahun 2012 mencapai 6.564 unit. Selanjutnya di tahun 2013 terjadi penurunan, yaitu total penjualan hanya mencapai 3.128 unit.

Di tahun 2014, penjualan Nissan Juke pun hanya mencapai 1.100 unit. Hingga akhirnya pada tahun 2015, Nissan juke pun kehilangan empat digit penjualannya, yaitu menjadi 722 unit. untuk tahun 2016 ini, Nissan Juke pun hanya mengantongi penjualan sejumlah 305 unit.

Untuk tahun ini, berdasarkan data dari Gaikindo tersebut, hingga September tahun ini total penjualan Nissan Juke hanya mencapai 171 unit saja. Tentunya dengan melihat data tersebut muncul berbagai spekulasi yang menyebutkan bahwa Juke bakal discontinue atau diberhentikan diproduksinya oleh Nissan. Jika memang benar demikian, maka kedepannya Nissan Juke akan menjadi mobil langka tentunya.

Mendengar kabar tersebut, President Director of Marketing and Sales NMI, Davy J Tuilan, sebagaimana dilansir dari laman KOmpasOtomotif, pun menyebutkan bahwa pihak NMI masih memproduksi dan memasarkan Nissan Juke. Dalam hal ini, meski dirinya sudah mengonfirmasi kabar discontinue Nissan Juke tersebut, namun ketika ditanya mengenai sampai kapan NMI tetap memproduksi Juke, Davy pun mengelak untuk menjawab.

Di pemberitaan global, santer disebutkan bahwa Nissan di Jepang bakal men-discontinue Nissan Juke setelah pembaharuan model year 2017 atau 2018 muncul. Sebagai penggantinya, maka perannya sebagai cross over medium bakal digantikan oleh Kicks yang sudah diperkenalkan pada tahun lalu. Benarkah demikian ? Kita lihat saja nanti !

 

 

Top