Honda CB300R, Sinyal Kebangkitan Tiger?

Sinyal Kebangkitan Tiger – Pada Senin 6 November 2017 kemarin, Honda baru saja memperkenalkan motor barunya yang melengkapi segmen Neo Sport Cafe bernama Honda CB300R. Motor ini pun memiliki tampilan yang khas motor pada jenis Neo Sport Cafe tersebut. Kabarnya, motor ini nantinya akan diperkenalkan secara umum pada ajang EICMA di Milan, Italia pada 9 November mendatang.

Sinyal Kebangkitan Tiger

Berbeda dengan CB250RR yang ada di Indonesia, motor ini tidak menggunakan mesin 2-silinder namun justru memakai mesin 1-silinder yang juga dipakai CBR300R. Dengan bekalan mesin yang memiliki kapasitas 286cc tersebut, tenaga yang mampu dihasilkan motor ini diklaim mampu mencapai bertenaga 31 tk. Sementara itu, torsinya pun tidak kalah besar mencapai 27,5 Nm.

Di sisi lain, jika menilik pada dimensi dan rangkanya motor sport ini membawa rangka tubular baru dengan jarak sumbu antar rodanya yang mencapai 1352 mm. Untuk suspensinya sendiri motor ini disebut-sebut akan menggunakan upside down 41 mm dan monoshock pro-link swingarm. Tak cukup sampai di situ saja, pada bagian rodanya motor ini akan menggunakan velg 17 inci untuk kedua sisi rodanya. Tentu dengan berbagai komponen pada spesifikasinya tersebut membuat motor ini semakin keren.

Sementara itu, dengan membawa nama CB300R banyak orang yang akan mengira jika motor ini merupakan versi naked dari CBR300R. Namun, rupanya bodi ataupun desain yang dibawanya justru lebih mirip kepada CB1000R yang sama-sama mengusung desain konsep Neo Sport Cafe. Di lain sisi, Honda juga memperkenalkan varian terendah dari konsep desain ini dengan varian mesin 125 cc yang bernama CB125R.

Kemunculan CB300R ini pun digadang-gadang menjadi kebangkitan Tiger di Indonesia yang sudah mati semenjak 2014 lalu. Pasalnya, seperti yang sudah kita pahami jika motor 300cc memang ditujukan untuk pasar Eropa dan Thailand, sementara itu di Indonesia sendiri akan sangat sulit untuk dapat memasarkan motor dengan kapasitas 300cc. Untuk itulah bukan tidak mungkin jika nantinya motor naked bike ini meluncur di Indonesia tidak menutup kemungkinan akan membawa mesin 250 cc yang mana selama ini kosong semenjak kepergian Tiger.

Top