Lakukan Pengereman yang Tepat Saat Hujan

Pengereman yang Tepat Saat Hujan – Memasuki awal tahun 2015 ini intensitas hujan sudah mulai menurun dibeberapa wilayah. Namun data statistik cuaca dari Badan  Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat bahwa perkiraan cuaca dengan kondisi hujan yang cukup tinggi diwilayah Indonesia sampai bulan Februari 2015 mendatang. Nah dengan masih ada perkiraan cuaca dengan kondisi hujan yang masih cukup tinggi, bagi pengguna jalan yang mengemudikan kendaraan akan menjadi masa yang rawan terjadinya kecelakaan. Umumnya penyebab dari resiko kecelakaan tersebut diakibatkan oleh teknik pengeremenan yang tidak tepat, terutama pada kondisi jalanan yang memiliki titik genangan air yang tinggi, lintasan basah yang licin maupun pandangan kemudi yang kurang maksimal karena derasnya hujan atau tebalnya kabut yang ditimbulkan saat hujan di dataran tinggi.

Penggunaan Rem Saat Hujan

Seperti informasi yang dilansir oleh laman milik lembaga penelitian otomotif yakni Edmun melalui detikOto, Senin (05/01/2015) menyatakan bahwa semua kecelakaan itu sebenarnya bisa diminimalisir dan dicegah bila para pengemudi berhati-hati, memahami kondisi jalanan dan lingkungan yang dilewati saat hujan, serta melakukan teknik pengereman secara tepat dan benar. Nah untuk tekniknya simak informasi yang Mas Sena rangkum dibawah ini.

Sesuai dengan lembaga penelitian otomotif Amerika Serikat tersebut yang pertama adalah memahami kondisi hujan, biasanya hujan pertama kali dalam kurun waktu yang cukup lama tidak terjadi hujan maka terjadi tingkat kelicinan yang tinggi. Karena berbagai kotoran, lumut dan lain-lain yang menempel dijalan mulai basah dan gampang mengelincirkan gesekan suatu benda. Dan dengan hal tersebut maka traksi ban berkurang. Bahkan jika genang air terbentuk ketinggian yang tergolong tinggi akan membahayakan pengendara karena ban akan mengapung. Maka dari itu memahami kondisi hujan dan lingkungan dan berhati-hati it sangat penting.

Selanjutnya jika anda melajukan kendaraan anda dengan kencang lalu tiba-tiba didepan anda ada genangan air maka jangan sekali-kali untuk bermanuver atau membanting stir dan mengerem mendadak. Tetap tebras saja genangan air tersebut dengan kecepatan menurun yaitu melakukan pelepasan atau penurunan gas. Jika sudah mengetahui ada genangan air jauh-jauh maka sebaiknya melakukan pengereman dengan hati-hati dan pelan-pelan.

Jika melakukan pengereman secara terpaksa maka injak atau tekan pedal rem dengan jeda jarak waktu sepersekian detik agar pengereman tidak terkunci. Sedangkan untuk kendaraan yang telah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS maka dapat melakukan pengereman dengan sekali tekan, namun tetap berhati-hati. Tetap hati-hati, waspada dan keselamatan yang utama ya bro dan sist! Baca juga Mengemudi Saat Hujan dan Teknik Berkendara dengan Benar Menghemat BBM.

Top